Serapan Anggaran Minim, DPRD Ancam Tak Bahas APBD Perubahan

Rahman Pina | DOK. POJOKSULSEL

Rahman Pina | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – DPRD Kota Makassar menilai pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 tidak perlu dilakukan, sebab hingga saat ini serapan anggaran di sejumlah SKPD masih sangat minim.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi C Bidang Pembangunan, Rahman Pina, Rabu (2/8/2017) kemarin di DPRD Makassar.

Mengacu pada hasil rapat monitoring dan evaluasi triwulan kedua antara pemerintah Kota Makassar dan DPRD sebagai mitra kerja, diketahui masih banyak SKPD yang punya serapan anggaran tidak cukup realisasinya di angka 20 persen.

“Utamanya mitra komisi C, seperti Dinas Perumahan baru 18 persen, begitu juga BLHD dan sejumlah SKP lainnya rata-rata serapan anggarannya baru 20 persen ke bawah,” jelas Bendahara DPD II Golkar Makassar itu.

Rahman Pina mengungkapkan baru ada satu SKPD yakni Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) yang mencapai 30 persen realisasi anggarannya hingga pada bulan Juli.

“Itu saja sebenarnya masih sangat rendah, idealnya belanja SKPD sudah harus mencapai 50 persen, sebab ini sudah masuk Agustus,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Rahman Pina, hingga triwulan kedua ini masih ada proyek fisik yang diprogramkan SKPD yang belum ditender.

“Beberapa sudah ada yang ditender, tapi ada juga yang belum. Kalau seperti ini akan ada proyek pembangunan yang terancam gagal dikerjakan padahal sudah dianggarkan,” jelasnya.

Ia juga menilai minimnya realisasi anggaran sejumlah SKPD lingkup kota Makassar dikarenakan pemerintah salah dalam melakukan managemen pengelolaan anggaran.

“Atau bisa jadi eksekusi SKPD memang lamban, sehingga perencanaan menjadi tidak efektif,” tutur RP singkatan Rahman Pina.

Daya serap anggaran yang begitu rendah itu, lanjut RP tidak memerlukan pembahasan APBD Perubahan.

“Kalau seperti ini kinerja SKPD, tidak usah ada pembahasan APBD Perubahan. Sebab APBD Perubahan itu ketika ada program yang membutuhkan tambahan anggaran,” tegasnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds