PILGUB SULSEL: Siapa yang Terkuat di Luwu Raya?

Ilustrasi Pilgub Sulsel 2018

Ilustrasi Pilgub Sulsel 2018

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Analisa terkait siapa yang mampu memenangkan pertarungan Pilgub Sulsel 2018 di daerah Luwu Raya semakin menguat untuk diperbincangkan. Hal itu dikarenakan hadirnya sederet nama yang akan bertarung di Pilgub Sulsel berasal dari Luwu Raya.

Sebut saja anggota DPD RI Abd Aziz Qahhar Mudzakkar (Aziz) dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar (Cakka), dimana kedua tokoh ini adalah kakak beradik sekaligus mewakili wilayah Luwu atau Wija To Luwu.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Jayadi Nas menyebutkan, kedua tokoh ini sangat erat dengan irisan geopolitik. Meski begitu kata Jayadi, Aziz yang merupakan Wakil Calon Gubernur Nurdin Halid (NH) tetap masih bisa mengungguli Wija To Luwu yang lain termasuk Cakka, apalagi dalam hal ketokohan di Luwu Raya.

“Cakka kan hanya dikenal di Luwu Raya, sedang Aziz ketokohannya dikenal hingga ke semua pelosok di Sulsel,” ungkap Jayadi Nas kepada PojokSulsel melalui pesan Whats Up, Makassar, Kamis (3/8/2017).

Jayadi berpendapat, ada 3 hal yang membuat Aziz tetap mampu mengungguli Cakka di Sulsel apalagi hanya sekedar daerah Luwu Raya.

Jayadi Nas, salah seorang pengamat politik di Sulsel yang juga dimintai komentarnya tentang hal itu mengungkapkan, majunya Aziz dan Cakka sebagai 02 di Pilgub Sulsel, pasti ada irisan, khususnya bagi wajib pilih di Luwu Raya.

Sekalipun demikian, hal itu tidak akan berpengaruh besar terhadap dukungan NH-Aziz. Sebab, jika bicara ketokohan, Aziz sangat jauh di atas dibanding Cakka.

Pertama, Aziz hingga saat ini mampu merawat ketokohannya, kedua, sebagai tokoh agama, Aziz mampu menjaga hubungannya dengan semua ummat beragama, serta yang ketiga yakni Aziz sangat dekat dengan umat dibandingkan dengan Cakka.

“Ustad Aziz adalah tipe pemimpin sederhana, bersahaja, banyak memikirkan dan telah banyak berbuat untuk ummat di Sulsel,” jelas Jayadi Nas sembari mengatakan Aziz yang religius sangat pas berpasangan dengan NH yang nasionalis.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …