Luwu Tengah Gagal Jadi DOB pada 2013, Salah Siapa?

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Polemik pembentukan Provinsi Luwu Raya dan Kabupaten Luwu Tengah (Luteng) kembali mencuat menyusul pernyataan bakal calon gubernur Nurdin Halid yang berkomitmen untuk memperjuangkan Daerah Otonomi Baru (DOB). Sebagai syarat terbentuknya provinsi yang mengharuskan minimal 5 kabupaten/kota, maka DOB Luteng memiliki posisi strategis sebagai pelengkap persyaratan administratif.

Sekadar mengingatkan, Luteng sebenarnya telah lama diperjuangkan untuk menjadi DOB. Namun, dalam Rancangan Undang-Undang yang akan dibahas DPR dan pemerintah terkait pemekaran 65 daerah otonomi baru (DOB) pada 2013 lalu, Luwu Tengah tak termasuk di dalamnya.

Mantan Ketua Pansus Persiapan Pembentukan DOB Luwu Tengah DPRD Sulawesi Selatan Armin Mustamin Toputiri menyatakan, pihaknya telah menyelesaikan seluruh berkas dan kelengkapan yang dibutuhkan sebagai syarat pembentukan Kabupaten Luwu Tengah. “Proses di DPRD Provinsi Sulses sudah selesai. Tinggal di DPR RI,” kata Armin, seperti dikutip Viva.co.

Dalam laman facebook milik Armin Toputiri, juga disebutkan, sebagai mantan Ketua Pansus DOB Luwu Tengah di DPRD Sulsel, secara formil tugas dan kewenangan dirinya, berakhir setelah dokumen Rekomendasi tentang Kelayakan Pembentukan Kabupaten Luwu Tengah diserahkan secara resmi Dirjen Otoda Kementerian Dalam Negeri RI, serta Komisi II DPR-RI. Sejak itu kewenangan dan tanggungjawab sudah berada di tingkat pusat untuk menentukan selanjutnya.

Lalu kenapa calon DOB Luwu Tengah gagal jadi DOB? Armin menulis, lebih disebabkan hal non-tekhnis, yakni karena calon DOB Luwu Tengah, tidak ada pihak atau personil yang “tongkrongi”. “Artinya bahwa calon DOB Luwu Tengah, tidak ada pihak yang intens mengawalnya secara sungguh-sungguh, sempurna dan tuntas,” kata Armin.

(gunawan/pojoksulsel)

 



loading...

Feeds

All England 2017, bulu tangkis, bulutangkis, pasangan owi butet, owi butet gagal di All England 2017, wakil indonesia di All England 2017

Owi/Butet Sukses “Ganyang” Malaysia

POJOKSULSEL.com, DUBAI – Pasangan Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memastikan satu tiket semifinal Dubai World Superseries Finals 2017. Keberhasilan …