Ini Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

Teh herbal. Foto: Meetdoctor.vom

Teh herbal. Foto: Meetdoctor.vom

TEH merupakan minuman yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, entah itu disajikan panas atau dingin. Minuman teh tersebut ternyata terkandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan rasa teh yang nikmat, seringkali teh dicampur dengan rasa tambahan seperti melati, ceri, arbei, susu, arbei atau limun yang dikemas dalam berbagai macam kemasan. Namun saat pagi hari apalagi jika udara masih dingin, minum secangkir teh hangat di pagi hari tentunya akan membuat tubuh menjadi hangat, segar dan berenergi.

Teh mengandung vitamin dan juga mineral, selain itu di dalam teh juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berikut ini beberapa manfaat minum teh untuk kesehatan, seperti dilansir laman Cheat Sheet.

1. Membuat tulang tetap sehat

Susu bukan satu-satunya minuman yang berkontribusi untuk tulang yang kuat. Sebuah tinjauan yang dipublikasikan di Nutrition Research mencatat bahwa konsumsi teh hijau bisa membantu mencegah keropos tulang terkait usia pada pria dan wanita lanjut usia.

Studi ini juga menunjukkan bahwa minum teh bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mendukung aktivitas osteoblastik, sebuah proses yang membantu pembentukan tulang yang bisa mengurangi risiko patah tulang.

Polifenol dalam teh hijau juga bisa berperan dalam kesehatan tulang Anda. Medical News melaporkan bahwa banyak penelitian telah menemukan bahwa flavanol dalam teh hijau memiliki efek positif pada remodeling tulang, sebuah proses yang membantu mempertahankan massa tulang normal yang menjaga kepadatan tulang dan memperlambat keropos tulang.

2. Menenangkan

Saat Anda merasa stres, sisihkan beberapa menit untuk menyesap secangkir teh. Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau bisa meningkatkan dopamin di area otak dimana paling dibutuhkan.

Dopamin adalah zat yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak Anda yang terlibat dalam mentransmisikan sinyal penghargaan dan motivasi dan membantu otot Anda bergerak dengan lancar.

Selanjutnya, penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum teh bermanfaat bagi suasana hati, kinerja kerja dan kreativitas Anda.

The Daily Meal melaporkan bahwa teh juga mengandung asam amino yang disebut theanine, yang bertindak sebagai antidepresan dan pereda stres alami.

Theanine bahkan bisa membantu relaksasi fisik dan mental dan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan tanpa menyebabkan kantuk.

3. Bisa meningkatkan ketahanan

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Physiology menemukan bahwa teh hijau mengandung katekin atau antioksidan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar.

Selanjutnya, penelitian yang sama menguji efek ekstrak teh hijau secara teratur dan menemukan bahwa selama 10 minggu, kinerja latihan ketahanan meningkat antara 8 persen dan 24 persen.

4. Melindungi dari penyakit

Teh kaya akan antioksidan, yang bisa membantu melindungi Anda dari beragam jenis kanker, termasuk kanker payudara, kolon, kolorektal, kulit, paru-paru, kerongkongan, perut, usus halus, pankreas, hati, ovarium dan prostat.

Sebuah studi yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak flavonoid, antioksidan yang ditemukan dalam teh, cenderung tidak mengembangkan kanker ovarium endotel.

Sepanjang penelitian, peneliti mengamati lebih dari 170.000 wanita dan kebiasaan makan mereka selama tiga dekade.

Mereka menemukan bahwa minum hanya beberapa cangkir teh hitam setiap hari terkait dengan 31 persen pengurangan risiko kanker ovarium endotel.

Teh tidak hanya mengurangi risiko kanker Anda, namun juga bisa mencegah penyakit kronis, seperti osteoporosis dan penyakit jantung.

5. Membantu menurunkan berat badan

Minum teh adalah salah satu cara termudah untuk membakar lebih banyak kalori setiap hari.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds