Indonesia Krisis Garam? Sulsel NO, Malah Suplai ke KTI

Ilustrasi petani garam di Jeneponto. | INT

Ilustrasi petani garam di Jeneponto. | INT

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Perbincangan impor garam ke Indonesia kian ramai menyusul mencuatnya isu krisi garam di Indonesia. Tapi, tidak bagi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Sulsel justru menjadi penyuplai garam di Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, antisipasi produksi garam telah dilakukan Pemprov Sulsel sejak 9 tahun lalu.

“Dan kita menyuplai ke Kalimantan dan Papua. Dan garam standar dapur kita masuk ke swalayan-swalayan,” kata Syahrul Yasin Limpo di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (3/8/2017).

Gubernur Syahrul Yasin Limpo menekankan, penyediaan komoditas pokok memang telah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah. Sehingga ketahanan pangan di setiap daerah seharusnya tidak boleh bersikap.

Bahkan dikatakan Syahrul Yasin Limpo, pemerintah Sulsel tidak mau mengambil garam dari Madura, untuk dikonsumsi masyarakat.

Karena itu, 3 kabupaten di Sulsel terus dibenahi untuk memproduksi garam, yakni Kabupaten Jeneponto, Takalar dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep)

“Seandainya kita hanya mengandalkan barang dari Madura, bisa payah. Tidak boleh begitu. Dan saya tidak mau seperti itu,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul Yasin Limpo pun menyarankan agar masalah produksi garam harus diprioritaskan. Karena dengan kecanggihan telnologi dan pabrik pengolahan air laut menjadi garam susah tidak sulit dilakukan.

Kalau hak ini tidak segera dilakukan, maka Indonesia akan secaa terus menerus mengimpor garam dari luar negeri. Sementera laut di Indonesia jauh lebih luas dari negara-negara lainnya di dunia.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

manfaat pisang

Pisang Bica Cegah Penyakit Jantung

POJOKSULSEL.com – Sebuah studi menemuan kalau serangan jantung bisa dihalau, salah satunya dengan mengonsumsi pisang setiap hari. Menurut periset dari …
minum sambil berdiri

6 Bahaya Minum Sambil Berdiri

POJOKSULSEL.com – Minum sambil duduk sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Begitu pun saat makan. Rasulullah SAW dalam hadis yang berbunyi …
cuaca makassar hari ini

Info Cuaca Makassar Hari Ini

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Cuaca Kota Makassar dan sekitarnya, Senin (23/10/2017) hari ini, diperkirakan cerah berawan dan disertai hutan lokal. Hal …