Alhamdulillah… Maros Raih Piala Adipura 5 Kali Berturut-turut

Piala Anugerah Adipura 2017 saat diarak keliling Kota Maros, Kamis (3/8/2017). | POJOKSULSEL - ADNAN MUTHALIB

Piala Anugerah Adipura 2017 saat diarak keliling Kota Maros, Kamis (3/8/2017). | POJOKSULSEL - ADNAN MUTHALIB

POJOKSULSEL.com MAROS – Bupati Maros HM Hatta Rahman mengatakan, mempertahankan sebuah penghargaan jauh lebih sulit dibanding merebutnya. Pasalnya, setiap tahun variabel yang dinilai juga semakin banyak dan meningkat.

Hal tersebut dikatakan saat tiba di Kantor bupati Maros usai keliling kota Maros mengarak Piala Anugerah Adipura 2017 yang di raih Pemerintah Kabupaten Maros untuk kelima kalinya untuk kategori kota kecil, Kamis (3/8).

Berbeda dengan tahun 2016 lalu yang memiliki kategori yakni buana, paripurna. Namun piala Adipura tahun 2017 ini tidak lagi memiliki kategori.

“Yang terpenting adalah masyarakat kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat, mencintai lingkungannya. Contoh paling kecil yakni membiasakan tidak membuang sampah sembarang tempat meski itu sampah kecil sekalipun. Kemudian hal yang besar misalnya tidak lagi membuang sampah di sungai, sudah bisa memilah sampah plastik, basah, kertas,” terangnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh stakeholder mulai dari jajaran Pemkab Maros, Muspida, PKK, ormas, serta masyarakat Maros atas kerja kerasnya selama ini menjaga kebersihan.

“Karena tanpa bantuan mereka kita tidak bisa meraih piala adipura kembali,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Andi Davied Syamsuddin menjelaskan, beberapa inovasi yang dikembangkan di Maros untuk mempertahankan Piala Adipura adalah keberadaan dan pengembangan Koperasi Bank Sampah yang anggotanya merupakan petugas kebersihan itu sendiri.

Keberadaan Koperasi ini dirasakan oleh ratusan petugas kebersihan memperbaiki kesejahteraan mereka.

Selain itu, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) kita sistemnya sudah sanitary landfill, sehingga sudah semakin baik dalam pengelolaan sampah di TPA,” jelas dia.

Penerimaan Piala Adipura kelima ini diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup Dr Siti Nurbaya kepada Bupati Maros, Hatta Rahman di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup, Rabu (2/8/2017) malam dan diarak keliling kota Maros.

(adnan muthalib/pojoksulsel)



loading...

Feeds

All England 2017, bulu tangkis, bulutangkis, pasangan owi butet, owi butet gagal di All England 2017, wakil indonesia di All England 2017

Owi/Butet Sukses “Ganyang” Malaysia

POJOKSULSEL.com, DUBAI – Pasangan Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memastikan satu tiket semifinal Dubai World Superseries Finals 2017. Keberhasilan …