Sanrobone dan Lonrong Resmi Jadi Desa Sejahtera Mandiri

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. NET

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. NET

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan 2 Desa Sejahtera Mandiri (DSM) di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar dan Desa Lonrong, Kabupaten Takalar.

Peresmian keduanya dilakukan di Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, kerjasama dengan Universitas Muslim Indonesia, Selasa (1/8/2017) yang dirangkai dengan Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III.

Desa Sejahtera Mandiri yang digagas oleh Kementerian Sosial ini bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Khusus untuk Sulsel, DSM telah melibatkan Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Khofifah menyebutkan partisipasi aktif Perguruan Tinggi akan semakin mempercepat berdirinya DSM yang ditargetkan dapat mencapai 5 ribu desa. Bentuk kerjasama dengan PT yakni memberdayakan sumber daya mahasiswa KKN di Desa.

“Target Desa Mandiri tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPMN),” ungkap Khofifah.

Dikatakan, desa yang menjadi percontohan DSM nantinya diharapkan akan terpenuhi berbagai kebutuhan dasarnya termasuk perlindungan sosialnya, misalnya menerima program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Menurut Khofifah, apa yang dilakukan Kementerian Sosial ini adalah wujud implementasi nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Pemerintah, kata dia, ingin memberdayakan dan mengangkat derajat masyarakat di desa.

“Harapannya kehidupan mereka bisa jauh lebih baik dan sejahtera,” kata Khofifah.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds