Devo Khadafi Dinilai Layak Kembali Pimpin PBSI Sulsel

Ketua PBSI Sulsel Devo Khadafi. DOK POJOKSULSEL

Ketua PBSI Sulsel Devo Khadafi. DOK POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Musyawarah Provinsi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulsel akan digelar, 3-4 Agustus 2017. Sejumlah kalangan menilai, Devo Khadafi masih layak memimpin induk organisasi bulutangkis Sulsel periode selanjutnya.

Selama menjabat ketua PBSI Sulsel, Devo dianggap berkontribusi dalam pembinaan atlet dan mengangkat prestasi olahraga bulutangkis di Sulsel.

Ketua Harian KONI Sulsel Ellong Tjandra menilai Devo sukses membawa perubahan besar di PBSI. Salah satu yang sangat terasa, kata dia adalah pembinaan atlet usia muda yang merata di setiap daerah.

“Pembinaan usia muda sudah berjalan. Daerah juga mulai memunculkan atlet-atlet berprestasi. Tidak lagi didominasi empat kabupaten seperti Gowa, Makassar, Parepare dan Bone,” jelas Ellong.

Pembinaan usia muda tersebut kata Ellong, juga tidak lepas dari kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh PBSI Sulsel. Beberapa kompetisi tersebut diantaranya Sirkuit Nasional (Sirnas), Daihatsu Astec Open, serta beberapa Kejuaraan Daerah (Kejurda).

“Apalagi kejuaraan-kejuaran lokal yang PBSI kabupaten/kota. Tak sedikit kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh PBSI Sulsel yang seharusnya terlaksana di kawasan Indonesia timur,” ucap Ellong.

Tak hanya memunculkan atlet-atlet baru, Devo pun dinilai punya visi baik terhadap wasit-wasit yang ada di daerah. “Devo sudah membawa atlet berprestasi dan wasit dari daerah yang tidak sedikit ke kejuaraan nasional,” tandas Ellong.

Mantan atlet bulu tangkis nasional asal Sulsel, Razak juga menilai Devo layak untuk memimpin kembali PBSI. Berkaca dari sejumlah kompetisi yang dihadirkan selama ini.

Hanya saja, Razak berpesan agar pengurus PBSI nantinya mempertimbangkan adanya pemusatan latihan. “Saya sih berharap adanya Pemusatan Latihan Provinsi (Platprov), jadi pelatihan atlet provinsi yang tangani,” terang Razak.

Menurut dia, ajang kejuaraan tingkat nasional dan regional yang ada saat ini dinilai sudah cukup dan tak perlu ditambah. Sekarang, PBSI Sulsel sebaiknya fokus untuk membina atlet. “Atlet itu berasal direkrut dari klub-klub yang ada di Sulsel. Dengan adanya Platprov, otomatis akan terdaftar sebagai atlet Sulsel,” terang dia.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds