Sosialisasi ‎Pajak, BPD Susel Perkenalkan Layanan Unggulan ‎Samsat

Suasana pembukan acara Sosialisasi Pajak Daerah oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel, Selasa (1/8/2017). | POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

Suasana pembukan acara Sosialisasi Pajak Daerah oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel, Selasa (1/8/2017). | POJOKSULSEL - HAERUL AMRAN

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Wilayah Parepare, Badan Pendapatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar sosialisasi pajak daerah tahun 2017.‎

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Provinsi Sulsel Tautoto Tanaranggina, di dampingi Kepala UPT Wilayah Parepare Asruddin.

Sosialisasi ini diikuti oleh sejumlah perwakilan wajib pajak, di Kenari Hotel, Parepare. Selasa (1/8/2017),

Kepala UPT wilayah Parepare, Asruddin menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada wajib pajak, dan diharapkan untuk disebarluaskan ke wajib pajak lain.

“Meningkatkan kesedaraan masyarakat akan pajak. Kita juga jelaskan bagaiman standar pelayanan untuk wajib pajak.
Untuk meingkatkan kesadaran wajib pajak. Hal itu sebagai bentuk partisipasi dalam penyelanggaraan pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulsel, Tautoto Tanaranggina, menjelaskan lebih jauh mengenai tugas dan fungsi pokok unit pelaksana tekhnis (UPT) Pendapatan wilayah.

“Jadi, tugas pokok kami dengan mitra kami di Kepolisian bagaimana mendapatkan pendapatan sebesar besarnya untuk di manfaatkan sebaik-baiknya dalam proses pembangunan,” ‎katanya.

Pemanfaatan hasil pajak dengan tepat, kata dia, sesuai dengan visi misi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin limpo.

“Kita tindak lanjuti dengan melakukan inovasi demi peningkatan pendapatan daerah, ‎ mengelola secara akuntabel dan transparan,” paparnya.

Dia mengungkapkan, berbagai inovasi dilakukan untuk memudahkan wajib pajak, yang sejauh telah terealisasi. Hal itu, kata dia, didukung oleh Pemerintah Kota Parepare.

“Kita berinovasi dengan membuka layanan Samsat Link, Samsat Peduli, dan berbagai fasilitas lain yang memudahkan wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya,” jelasnya.

Hanya saja, kata dia, pihaknya masih membutuhkan ‎jumlah personel untuk memaksimalkan inovasi tersebut.

“Personel kami khususnya di daerah masih terbatas,”kata dia.

Pajak kata dia, adalah hal yang mutlak dan wajib dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi wajib dari negara oleh seluruh pihak.

“Artinya uangnya itu untuk keperluan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat,” tandasnya.

Sosialisasi juga di hadiri oleh, Kepala Unit Regiden Satlantas Polres Parepare AKP Made Ali, Kepala Jasaraharja Cabang Parepare Abdillah. Kepala Bidang Pendapatan Asli Daerah Provinsi Sulsel, Burhanuddin, sebagai pembawa materi.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds