Ini Dia Sketsa Pelaku Terduga Penyerang Novel, Ada yang Kenal?

Sketsa wajah terbaru orang yang diduga pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. FOTO: JPNN

Sketsa wajah terbaru orang yang diduga pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. FOTO: JPNN

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian akhirnya merilis sketsa wajah terbaru orang yang diduga pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Sketsa itu dirilis usai Tito Karnavian dipanggil Presiden Jokowi. Sketsa itu didapat dari keterangan saksi kunci yang identitasnya dirahasiakan.

Berdasarkan keterangan saksi tersebut, ada seseorang tak dikenal berdiri di dekat masjid lima menit sebelum penyerangan, dengan gelagat yang mencurigakan.

Diduga, dia adalah pengemudi motor. Dari situlah, penyidik mulai membuat sketsa wajah.

Untuk membuat sketsa itu, ujar Tito, pihaknya bekerja sama dengan kepolisian federal Autralia (AFP) menggunakan teknologi mutakhir.

’’Saksi mengatakan sketsa ini masuk kategori baik,’’ terangnya di kantor Presiden.

Tito menjelaskan, sketsa tersebut baru saja diselesaikan dua hari sebelumnya atau pada Sabtu (29/7) lalu.

’’Nanti kami umumkan lagi dengan harapan ada feedback dari masyarakat kepada kami,’’ lanjut lulusan terbaik Akpol 1987 itu. Di saat bersamaan, polri menerjunkan tim untuk mencari keberadaan orang tersebut.

Dari sketsa tersebut diperoleh ciri-ciri, antara lain wajah yang bulat, rambut ikal pendek, dengan tinggi badan diperkirakan 167 cm dan kulit sawo matang gelap.

Tito menjelaskan, pihaknya juga sudah menyampaikan sketsa itu ke KPK dan diharapkan KPK ikut bergabung dalam tim pencarian.

Tito menuturkan, tidak banyak arahan yang disampaikan Presiden saat memanggil dia. ’’Beliau memerintahkan agar dituntaskan sesegera mungkin,’’ ucap mantan Kapolda Metro Jaya itu. saat dipanggil itulah, Tito melaporkan sejumlah hal.

Dimulai dari pemanggilan saksi hingga berjumlah 59 orang. Juga mengamankan lima orang, termasuk seorang satpam bernama M Lestaluhu yang sempat dicurigai.

Penyidik juga menyita sekitar 50 cctv pada radius 1 km dari TKP. Juga mendatangi sekitar 100 toko bahan kimia yang menjual H2SO4 untuk mencari potensi pelaku membeli bahan kimia dari toko-toko tersebut.

Sebagian besar saksi mengaku melihat kejadian, namun tidak sampai melihat wajah pelaku. Hanya dari satu saksi saja polisi kemudian membuat sketsa wajah pelaku yang diberi label Mr X. bermodalkan sketsa itulah polisi kembali mencari pelaku.

(JPNN)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …