Ingin Beli Mobil dan Tebus Sertifikat Tanah, Alasan Pelaku Bobol Brankas PDAM

Muh Tuanaya dan Muh Iwan, tersangka pembobol brankas PDAM Makassar, yang ditangkap anggota Polrestabes Makassar dan Resmob Polda Sulsel, Senin (31/7/2017). | POJOKSULSEL MUH - FADLY

Muh Tuanaya dan Muh Iwan, tersangka pembobol brankas PDAM Makassar, yang ditangkap anggota Polrestabes Makassar dan Resmob Polda Sulsel, Senin (31/7/2017). | POJOKSULSEL MUH - FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Uang hasil kejahatan pembobolan brankas senilai Rp1,2 miliar dibagi rata oleh 4 pelaku. Masing-masing pelaku mendapatkan bagian Rp280 juta.

M Tuanaya (42) salah satu tersangka yang ditangkap di Jalan Rijali, Kecamatan Sirimau, Ambon, Provinsi Maluku telah mentransfer uang sebesar Rp200 juta kepada istrinya berinisial NT.

“Sementara sisanya bagiannya Rp80 juta dipakai membeli motor baru seharga Rp 60,5 juta. Dan juga membeli tiket pesawat kembali ke Ambon,” kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Endi Sutendi saat merilis pengungkapan kasus pembobolan brankas PDAM, Selasa (1/8/2017).

Tersangka yang merupakan warga Desa Tial, Maluku Tengah ini berencana menggunakan uang Rp200 juta tersebut untuk membeli mobil baru.

Sementara tersangka lainnya, M Iwan yang ditangkap di Makaasar menggunakan uang hasil kejahatan itu menebus sertifikat tanahnya. Iwan juga telah memberi 1 unit motor baru.

“Sisa uang barang bukit yang kami sita dari Iwan ini Rp53 juta,” kata Endi Sutendi didampingi Ditreskrimum Kombes Edwin Zadma di Aula Mapolrestabes Makassar.

Dengan tertangkapnya dua pelaku pembobolan brankas di Kantor PDAM Makassar, polisi berhasil mengamankan barang bukti uang Rp253 juta, 1 unit motor baru milik Iwan dan 2 unit motor milik Tuanaya yang masih ditiip di Polres Ambon.

Saat ini, anggota polisi masih melakukan pengejaran terhadap dua tersangka lainnya yang masih buron.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …