Fakta tentang Nemanja Matic, Dilatih Sang Ayah dan Si Mantan Playmaker

Nemanja Matic

Nemanja Matic

POJOKSULSEL.com – Nemanja Matic resmi berlabuh di Manchester United, Senin (31/7/2017). Matic dibeli MU dari Chelsea dengan harga 40 juta poundsterling dan dikontrak sampai 2020 mendatang.

Harga yang cukup tinggi memang untuk pemain yang sudah mendekati usia 30 tahun. Namun Jose Mourinho tidak akan pernah ragu dengan kemampuan Matic karena paham betul kualitas sang pemain semasa melatih Chelsea.

Siapa dan bagaimana perjalanan karir Matic? Berikut 5 fakta menarik tentang Nemanja Matic, dikutip dari Express.co.uk:

1. Dilatih Sang Ayah

Nemanja Matic menjadi pemain bola berkat bimbingan ayahnya yang menjadi pelatih Vrelo, klub pertama Matic. Setelah itu pemain yang hari ini (1 Agustus) tepat berusia 29 tahun bergabung dengan tim muda sejumlah klub, seperti Obrenovac 1905, Red Star Belgrade dan Partizan.

Di keluarganya, Matic bukan satu-satunya pesepakbola. Adiknya, Uros juga merupakan pemain bola profesional. Uros adalah gelandang sentral yang bermain untuk tim Denmark, Copenhagen. Uros memulai karirnya di klub Slowakia Kosice, klub yang juga jadi tempat Matic mengecap status sebagai pemain inti.

Uros kemudian bergabung dengan kakaknya di Benfica pada tahun 2013. Setahun kemudian, Uros memperkuat tim Belanda, NAC Breda sebelum bergabung dengan tim Austria, Sturm Graz dan Copenhagen pada Januari 2017. Dia tampil 39 kali di semua kompetisi musim lalu dan juga tampil di Liga Europa.

2. Karirnya Diselamatkan Chelsea

Sebelum bergabung dengan Chelsea pada musim pertamanya tahun 2009, Matic menjalani trial di klub Premier League lainnya, Middlesbrough dan dijadwalkan bergabung dengan klub tersebut setelah laga internasional bersama Serbia.

Namun, pembicaraan dengan The Boro kandas dan pada saat bersamaan Chelsea datang untuk memboyong sang gelandang dengan biaya 1,5 juta poundsterling dari VSS Kosice. Entah bagaimana karir Matic andai jadi gabung Boro.

3. Awalnya Bermain sebagai Playmaker

Ketika direkrut Chelsea pada 2009, Carlo Ancelotti yang kala itu menangani The Blues memainkan Matic sebagai playmaker. Tapi Matic kesulitan bersaing dengan Michael Ballac dan Michael Essien.

Sempat dipinjamkan ke Vitesse, Matic akhirnya benar-benar hengkang ke Benfica pada 2011. Saat itulah manajer Jorge Jesus mengubah perannya menjadi gelandang bertahan. Peran yang membuatnya tampil jauh lebih baik dan konsisten sebagai penyeimbang lini tengah.

Musim dingin 2014, Chelsea meminangnya kembali. Kali ini Jose Mourinho pun memainkannya sebagai gelandang bertahan.

4. Ogah Bela Timnas Serbia

Ketika masih bermain di Benfica, Matic sempat menolak bermain untuk negaranya yang kala itu dilatih Sinisa Mihajlovic. Penyebabnya, Matic kecewa dengan eks pemain Lazio dan Inter Milan itu karena tidak pernah dimainkan semenit pun dalam lima kali dipanggil masuk Timnas Serbia.

Matic juga sempat mengancam akan berhenti bermain untuk level internasional pada November 2015 setelah mengkritik kompatriotnya. Tepatnya ketika Serbia dibantai 1-4 oleh Republik Ceko di kualifikasi Euro 2016.

5. Pemain Favorit Mourinho

Jose Mourinho adalah sosok di balik kembalinya Matic ke Stamford Bridge dari Benfica. The Blues membeli kembali mantan pemainnya itu seharga 20 juta pound.

Mourinho secara terang-terangan mengagumi Matic sebagai pemain yang stabil sebagai gelandang bertahan. β€œDia telah berkembang sebagai pemain di Portugal dan telah menjadi gelandang fantastis. Saya sangat menyukainya karena stabilitasnya. Dia adalah pemain yang sangat stabil untuk seseorang yang masih sangat muda, hanya 25,” kata Mourinho kala itu.

Saat Mourinho dipercaya sebagai manajer Manchester United musim panas lalu, Setan Merah juga dikaitkan dengan Matic sebagai salah satu pemain yang diinginkan Mou. Namun kala itu bos Chelsea, Antonio Conte menahannya. Tapi pada kesempatan kedua musim panas ini, Matic tak tertahan lagi hijrah ke Old Trafford dan bereuni kembali Mourinho.

(exp/fat/pojoksatu)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …