ASLI GILA! Polisi Bekuk 150 WN Tiongkok Sindikat Penipuan Online Internasional

93 WN Tiongkok yang diamankan di Surabaya (SATRIA NUGRAHA-RADAR SURABAYA)

93 WN Tiongkok yang diamankan di Surabaya (SATRIA NUGRAHA-RADAR SURABAYA)

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Bareskrim Polri melakukan penggerebekan secara serentak di empat lokasi berbeda terkait kejahatan penipuan online internasional, yakni di Jakarta, Bali, Surabaya dan Batam.

Dalam penggerebekan hasil kerjasama dengan Polda Metro Jaya, Polres Depok dan Polrestabes Surabaya dan kepolisian Tiongkok itu, total polisi mengamankan 150 WNA yang rata-rata dari Tiongkok.

Sampai saat ini, belum diketahui dengan jelas siapa otak sindikat tersebut. Namun polisi memastikan, para korban sindikat internasional itu adalah warga Tingkok sendiri.

Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto kepada sejumlah wartawan di lokasi penggerebekan di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (30/7) pun mengaku masih mendalami kasus tersebut.

“Masih satu kesatuan (operasi di Jakarta, Bali, dan Surabaya, Red). Kami saling koordinasi. Tapi, masih kami perdalam dan petakan,” ungkapnya.

Menurut Didik, sindikat tersebut melancarkan aksinya dengan modus sederhana, yakni menelepon dan menyebut saudara calon korban bermasalah dengan pihak hukum.

“Mereka meminta calon korbannya membayar dengan jumlah tertentu agar bisa bebas,” salah satu petugas.

Yang mencengkan, sindikat ini memiliki orang-orang yang secara khusus bisa memanipulasi data dan membobol sistem keamanan komputer.



loading...

Feeds