Di Balik Album ‘Maju Terus Pantang Mundur’ Armada

Armada saat meluncurkan album kelimanya, Maju Terus Pantang Mundur. Foto: JawaPos

Armada saat meluncurkan album kelimanya, Maju Terus Pantang Mundur. Foto: JawaPos

POJOKSULSEL.com – Band Armada tidak berhenti berkarya. Selain mengumumkan bahwa single tersebut akan difilmkan, Jumat (28/7) mereka meluncurkan album kelimanya, Maju Terus Pantang Mundur.

Dalam album yang terdapat 11 lagu di dalamnya, Asal Kau Bahagia, tetap dijadikan single jagoan. Rizal Disandi yang merupakan vokalis grup menyebut, mereka memilih tema cinta universal dalam albumnya. “Ada satu lagu khusus untuk keluarga, dikhususkan untuk ibu. Dan ada lagu dari Mai (Andika Maihendra Yuda, gitaris) bikin lagu untuk almarhum anaknya,” kata Rizal saat peluncuran album di KFC Kemang, Jakarta Selatan.

Sebagian besar lagu di album Maju Terus Pantang Mundur merupakan lagu baru. Selain itu, ada lagu dari album sebelumnya, juga lagu yang sebenarnya dipersiapkan saat awal kemunculan band asal Palembang ini. Yakni lagu berjudul Doa Ibu.

Band yang sudah satu dekade berada di industri musik Indonesia menyebut, pengerjaan albumnya hanya membutuhkan waktu satu bulan. Dan semuanya dikerjakan di studio mereka. “Tapi pengumpulan lagunya dicicil, lumayan lama sih,” sambung Rizal.

Selain lagu Doa Ibu, Rizal menyebut ada dua lagi yang tidak bisa dimasukkan ke album 2014, Pagi Pulang Pagi, akhirnya baru bisa dimasukkan ke album yang sekarang ini. “Bukan karena lagunya tidak bagus tapi suasananya takut tidak pas, makanya dimasukkan ke album yang suasananya tepat,” terang Rizal.

Uniknya, di salah satu lagu Armada memilih judul yang sangat panjang. Yakni, Kau Pencuri Hati, Bebaskan Diriku Dari Kekasih Yang Tak Dianggap Buka Hatimu Kau Pemilik Hati, Mau Di Bawa Karena Cinta Itu Memang Buta, Ku Mabuk Cinta. Dengan judul sepanjang itu, band yang dulu bernama Kertas itu membebaskan pendengar untuk menentukan sendiri judul lagunya.

Rizal menyebut, judul yang dipakai Armada merupakan rangkaian kata yang dipilih dari penggalan judul lagu Armada yang pernah ada. “Tapi bukan berarti enggak ada artinya. Kalau ditelaah artinya itu cerita tentang kekasih yang tak dianggap, hubungannya mau dibawa ke mana sih,” ujar Rizal tertawa.

Memilih judul album Maju Terus Pantang Mundur, Armada diam-diam menyisipkan doa di sana. Hal itu lantaran mereka melihat banyak band Indonesia yang menghilang dari peredaran.

Mereka pun menilai, satu dekade berada di industri musik masih sueumuran jangung. Karena itu mereka berharap bisa terus maju dan berkarya sampai tua nanti. “Ini juga statement untuk band yang baru agar bisa terus berkarya juga,” tegas vokalis 31 tahun itu.

(glo/JPC)

 



loading...

Feeds