Terkait JK E-Panrita, None Sebut JK Tokoh Pendidikan Punya Ciri Khas

Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla meresmikan JK E-Panrita Center dan peresmian taman bermain anak Mufida Jusuf Kalla di Gedung Disdik Sulsel, Jumat (28/7/2017).

Wakil Presiden Republik Indonesia HM Jusuf Kalla meresmikan JK E-Panrita Center dan peresmian taman bermain anak Mufida Jusuf Kalla di Gedung Disdik Sulsel, Jumat (28/7/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – JK e-Panrita Centre adalah ruang kontrol fitur-fitur pendidikan berbasis teknologi dalam aplikasi cerdas yang digagas oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengawasan dunia pendidikan tingkat SMA berbasis teknologi di Sulsel ini telah mengabadikan nama Jusuf Kalla.

Kadis Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengungkapkan, dipilihnya nama JK dalam e-Panrita Centre karena ia merupakan sosok negarawan.

“Yusuf Kalla ini adalah sosok negarawan. Kita selalu melihat beliau ini sosok yang menginspirasi dalam dunia pendidikan,” kata Irman Yasin Limpo yang akrab disapa None.

Dikatakan Irman, sosok Jusuf Kalla telah banyaj menginspirasi berdirinya sekolah-sekolah Islam di tingkat SMP maupun SMA yang ada di daerah. Termasuk, SMA Tinggi Moncong Malino terinspirasi dari pemikiran Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga dinilai sebagai tokoh pendidikan yang memiliki banyak sekolah. Semua sekolah yang didirikannya telah berhasil mencetak generasi intelek. Belum lagi, Jusuf Kalla paling banyak menyediakan beasiswa bagi palajar.

“Di antara tokoh-tokoh pendidikan, JK ini adalah sosok yang memiliki ciri khas dalam mengembangkan sekolah,” kata Irman.

Sementara itu, Wapres JK dalam sambutannya mengatakan JK e-Panrita merupakan terobosan baru di dunia pendidikan. Aplikasi ini akan memantau keberlangsungan pendidikan tingakt SMA yang ada di Sulsel.

Ia juga mengatakan, Panrita dapat dimaknai sebagai intelek atau orang yang berilmu, yang dalam masyarakat Jawa dikenal dengan istilah Kiyai. Karenanya, ia berharap dengan diresmikannya JK e-Panrita Centre ini dapat memajukan pendidikan di Sulsel.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds