PILGUB SULSEL: KPU Target 77,5 Persen Partipisasi Pemilih

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif

Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel Iqbal Latif membeberkan data partisipasi pemilih Pilgub Sulsel 2008 – 2013 mengalami penurunan.

Ia menyebutkan, partisipasi pemilu di tahun 2008 ada di angka 72 persen dari jumlah DPT Sulsel, sedangkan untuk tahun 2013, partisipasi pemilih itu menurun ke angka 70 persen.

“Olehnya, yang harus diperhatikan kali ini adalah tingkat partisipasi pemilih, kita harapkan lebih baik. Di pilgub 2008 lalu, jumlah partisipasi 72 persen, pada tahun 2013 menurun 70 persen, kalau ini turun kurang bagus,” beber Iqbal Latif Makassar, Rabu (26/7/2017)

Sehingga, kata Iqbal, sapaan akrab Iqbal Latif, bahwa pihaknya menargetkan untuk Pilgub Sulsel 2018 harus mengalami peningkatan, setidaknya pada estimasi 5 persen keatas.

“Kami menargetkan tahun ini (2018) bisa mencapai target nasional yaitu 77,5 persen, kalau bisa diatas 78 persen,” jelas Iqbal.

Untuk itu, KPU Sulsel meminta kerjasama semua pihak semua pihak, agar apa yang menjadi target pemilih di tahun 2018 dapat tercapai. Serta, Iqbal menuturkan, koordinasi juga terus dilakukan termasuk dengan elemen masyarakat yang lain.

Salah satu langkah yang akan dilakukan KPU untuk mencapai target itu ialah akan dilakukan maping terhadap potensi pemilih yang ada, khususnya pemilih pemula.

”Selain itu kita akan bekerjasama dengan semua elemen baik lembaga pendidikan organisasi siswa dan komunitas lain. Termasuk kelompok perempuan disabilitas masyarakat marjinal dan keagamaan,” papar Ketua KPU Sulsel itu.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds