Bupati Lutra Indah Putri Lihat Langsung Pengambilan Sperma Kerbau Belang

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani secara langsung menyaksikan pengambilan dan penampungan semen segar (sperma) kerbau belang di Desa Salulemo, Kecamatan Baebunta, Kamis (27/7/2017). | DOK. HUMAS DAN PROTOKOLER PEMKAB LUTRA

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani secara langsung menyaksikan pengambilan dan penampungan semen segar (sperma) kerbau belang di Desa Salulemo, Kecamatan Baebunta, Kamis (27/7/2017). | DOK. HUMAS DAN PROTOKOLER PEMKAB LUTRA

BUPATI Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani, Kamis (27/7/2017), secara langsung menyaksikan pengambilan dan penampungan semen segar (sperma) kerbau belang di Desa Salulemo, Kecamatan Baebunta. Ini satu bukti bahwa perhatian Bupati Indah sangat concern terhadap sektor peternakan di Luwu Utara.

Selain Bupati Lutra Indah Putri, pengambilan semen segar juga disaksikan Kepala Balai Besar Veteriner Maros Sulaksono Hadi, Kepala UPTD Pembibitan Dinas Peterakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Susilo, serta Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Luwu Utara Adriyani Ismail, dan juga masyarakat dan para peternak setempat.

Pengambilan sperma kerbau belang atau orang Toraja menyebutnya tedong bonga itu hanya dilakukan oleh dua orang Tim UPTD Pembibitan mengingat birahi pada kerbau biasanya sedikit agak lama jika dikerja secara “keroyokan”.

Bupati Lutra Indah sendiri beserta pejabat terkait lainnya menyaksikan dengan sedikit mengambil jarak.

Bupati Indah Putri usai menyaksikan langsung proses pengambilan dan penampungan semen segar mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah menyukseskan program Upsus SIWAB yang digagas Kementerian Pertanian.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya kita dalam menyukseskan Upsus SIWAB,” ujar Indah.

Indah berharap, dengan adanya kegiatan ini, upaya pemeritah menjadikan Luwu Utara sebagai daerah penghasil kerbau bonga bisa segera diwujudkan. “Harapannya agar Luwu Utara menjadi daerah penghasil kerbau bonga dalam rangka memenuhi kebutuhan daging kita yang semakin hari semakin meningkat. Dan Alhamdulillah, Balai Besar Veteriner sangat mendukung upaya yang kita lakukan hari ini,” ujar Indah menambahkan.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Veteriner Maros, Sulaksono Hadi, memuji Bupati Indah atas komitmen yang telah ia bangun dalam mendukung dan menyukseskan program Upsus SIWAB di Luwu Utara. Apalagi dengan adanya kegiatan pengambilan sperma kerbau belang, maka komitmen Bupati tersebut tentu tidak diragukan lagi.

“Terus terang kami sangat salut dengan program ibu Bupati dalam rangka mendukung upsus SIWAB, tidak hanya di Luwu Utara saja, tetapi juga di Indonesia bagian timur,” ucap Sulaksono memuji Bupati Indah yang berdiri di sampingnya.

Senada dengan Bupati, Sulaksono juga berharap agar Luwu Utara menjadi salah satu kabupaten gudang ternak di Sulsel.

“Kami sangat mdukung program ini dan ke depan kita berdoa semoga Luwu Utara ini menjadi salah satu kabupaten gudang ternak sapid an kerbau di Sulsel. Saya yakin itu, karena komitmen Bupati dalam mendukung Upsus SIWAB yang telah dicanangkan Kementerian Pertanian. Ini semua demi kepentingan masyarakat peternak dan masyarakat umum lainnya,” pungkas Sulaksono.

Rilis:
Humas dan Protokoler Pemkab Luwu Utara

(Lukman Hamarong)



loading...

Feeds

Coba Cara Ini Agar Sperma Sehat

POJOKSUSLEL.com – Makanan yang dikonsumsi tiap hari wajib mengandung energi dan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain makanan, ternyata …