Robert Tolak Wasit Asing Pimpin Liga 1

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts | DOK. POJOKSULSEL

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Wacana penggunaan wasit asing di Liga 1 ditanggapi beragam oleh pelaku sepak bola di Indonesia. Ada yang pro ada pula yang kontra.

Salah satunya, Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts yang turut menanggapi rencana PT Liga Indonesia Baru operator Liga 1 2017 menggunakan wasit asing. Rencana ini akan direalisasikan putaran kedua, Agustus mendatang.

Pelatih asal Belanda itu menilai penggunaan wasit asing sebuah langkah keliru. “Wasit asing di putaran kedua itu yang kita dengar, apakah benar? Saya kira itu langkah salah. Saya tidak setuju dengan itu,” kata Robert.

Mnurut pelatih asal Belanda itu, bukan wasit asing yang dibutuhkan, melainkan penggunaan teknologi Assistant Referee (VAR/video tayangan ulang).

“Saat ini yang dibutuhkan adalah VAR dan memberi keputusan yang fair. Saat ini wasit Liga 1 di bawah tekanan besar ketika pergi ke suatu kandang tim untuk memimpin pertandingan,” ungkapnya.

Selain itu, Robert menegasakan kinerja wasit asing yang akan digunakan di Liga 1 belum tentu sebagus wasit Indonesia saat ini. “Kita tidak mengetahui background dan lisensi mereka,” ujar Robert.

Keputusan menggunakan wasit asing, diambil berdasarkan pertimbanhan dan masukan dari klub-klub peserta kompetisi mengenai perangkat pertandingan. Hingga paruh musim Liga 1 musim 2017, laporan mengenai kepemimpinan wasit banyak ditangani PT Liga Indonesia Baru (LIB).

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Innalillah… AM Fatwa Meninggal Dunia

POJOKSULSEL.com – Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Indonesia kembali kehilangan salah satu tokohnya. Kamis (14/12/2017) pukul 06.25 waktu Indonesia barat …
kpid, kpid sulsel, kpid awar, kpid awrd 2017, Riswansyah Muchsin, Riswansyah Muchsin kpid

KPID Award 2017 Siap Digelar

KOMISI Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel Periode 2017-2020, siap menggelar KPID Award 2017. 16 kategori untuk tahun ini akan diperlombakan, 10 …