5 Fakta tentang Keringat yang Anda Harus Tahu

ilustrasi

ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Keringat pasti dialami setiap manusia normal.

Namun, pernahkah Anda bertanya mengapa Anda berkeringat secara berlebih dan mengapa aromanya tidak selalu sama?

Berikut ini beberapa fakta tentang keringat seperti diambil dari MensHealth.com:

1. Keringat dasarnya tidak bau

Kebanyakan orang benci dengan keringat karena mereka pikir keringat itu bau. Padahal, pada dasarnya, keringat itu tidak bau, karena hanya terdiri dari air dan elektrolit. Yang membuat aromanya menjadi tak sedap adalah ketika produksi keringat itu dipicu oleh stress, perasaan cemas, takut atau karena terangsang. Jenis keringat yang diproduksi oleh kondisi memiliki tekstur tebal dan berminyak, jenis keringat yang menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak.

2. Anda berkeringat sesuai dengan kebutuhan

Keringat adalah salah satu cara bagi tubuh untuk mendinginkan suhu badan yang meningkat, berapa banyak Anda berkeringat tergantung dari seberapa banyak tubuh Anda membutuhkan cairan untuk mendinginkan tubuh.

3. Tidak berkeringat ternyata dapat menyebabkan masalah

Anda mungkin pernah mendengar tentang perawatan light wave dan injeksi botox yang bertujuan untuk mengurangi produksi keringat. Namun perlu diketahui, perawatan semacam ini dapat menyebabkan sensasi terbakar, gatal, bengkak, dan memar pada kulit.

4. Hindari konsumsi kafein jika mudah berkeringat

Hindari konsumsi kafein karena kafein adalah stimulan, ketika dikonsumsi terlalu banyak, dapat kerja kelenjar apocrine secara berlebih.

5. Kondisi yang perlu diperhatikan

Jika tubuh Anda berkeringat di saat Anda tidak sedang kepanasan atau ketika tubuh tidak mengeluarkan cukup keringat di saat Anda kegerahan, ini bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds