Alamak… bagi-bagi Kondom Bikin Heboh

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Warga Balikpapan dibuat heboh dengan postingan di media sosial berupa bagi-bagi kondom gratis.

Dalam akun tersebut dipajang foto kondom dan disebutkan dapat diambil gratis. Kondom tersebut diketahui merupakan kondom pembagian bagi masyarakat rentan mengidap HIV-AIDS.

Masih belum diketahui, bagaimana bisa si pemilik akun mendapatkan kondom yang dibagikan hanya ke sebagian kalangan tersebut. Kondom bertuliskan “Lindungi diri, Lindungi Pasangan” itu rupanya adalah kondom khusus. Sementara belum diketahui kebenaran informasi pemilik akun yang membuat postingan.

Disampaikan Yudhianto, humas Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), LSM yang berkecimpung di HIV/AIDS, jika melihat gambar, hampir dipastikan adalah kondom khusus bagi kelompok yang memiliki resiko tinggi tertular HIV/AIDS. Kelompok tersebut disebutkan terdiri dari kaum gay, wanita tuna susila, waria, pengguna narkoba dan pelanggan yang biasa memakai jasa prostitusi.

Menurutnya, hanya kelompok tersebut yang mendapatkan kondom ini. Bukan untuk masyarakat biasa. “Barangkali yang posting itu kelompok yang memiliki risiko tinggi tertular HIV/AIDS. Kami belum bisa memastikan pihak mana yang memposting hal tersebut,” ungkapnya pada Balikpapan Pos (Jawa Pos Group), kemarin (23/7).

Menurutnya, LSM PKBI masih akan melakukan pembahasan bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) nantinya. Hal ini dilakukan agar jelas darimana asal muasal kondom yang diposting.

Sementara Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mengatakan akan mengecek postingan tersebut. Sekretaris DKK, Suheriyono menyebut, pembagian kondom biasanya hanya dilakukan di lingkungan dan kalangan terbatas. Selain itu pembagian juga dilakukan hanya di even tertentu seperti hari HIV/AIDS sebagai bentuk pencegahan dan mengontrol penyebaran penyakit tersebut.

“Kalau pembagian tidak mungkin dilakukan secara luas. Hanya kelompok tertentu saja. Nanti akan kami cek,” katanya. Begitu juga Kepala DKK, Balerina yang dihubungi media ini menyebut jika akan mengecek kebenaran postingan di Facebook tersebut. “Masih akan dicek dahulu,” singkatnya.

(fab/jpg/JPC)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …