WASpada! Ini Merek Beras yang Dioplos

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Bareskrim Polri terus melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan beras yang sudah dioplos.

Sebelumnya, polisi menggerebek gudang milik PT Indo Beras Unggul atau PT IBU di Kedung Waringin, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/7) malam kemarin mengungkap fakta baru.

Pasalnya, aparat Bareskrim Polri tidak hanya mendapatkan beras dengan kemasan merek Maknyuss dan Cap Ayam Jago saja.

Namun ada sejumlah merek lain ikut dioplos dan diturunkan kualitasnya.

Kepala Biro Penmas Divhumas Polri Brigjen Rikwanto menyebut, pihaknya mengamankan barang bukti sebanyak 1.100 ton beras. Dari penggerebekan sudah ada beberapa orang yang diamankan.

Jenis beras yang terdapat di gudang tersebut bermacam-macam, mulai beras Super Pandan, Cianjur, Rojolele, Segon, Bangkok, Ulen, Pandan Wangi, Slip Super, Lele Jumbo, Ayam Jago Merah, hingga beberapa jenis lain.

“Berasnya kualitas rendah, dicampur-campur,” kata Kepala Biro Penmas Divhumas Polri Brigjen Rikwanto.

Sementara Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto menambahkan, PT IBU sebagai anak perusahaan PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) yang bergerak di bidang beras kemasan diduga telah melakukan pembohongan publik dengan memasang label kemasan yang tidak sesuai dengan isi.

Salah satu pembohongan tersebut menyangkut informasi nilai gizi yang tidak sesuai dengan beras dalam kemasan.

Nilai karbohidrat yang ditemukan lebih tinggi, sementara nilai protein lebih rendah daripada angka yang tercantum pada label.

Ari menjelaskan, selain melanggar hukum dengan tindak pidana persaingan curang sebagaimana yang termaktub dalam pasal 382 bis KUHP, anak perusahaan itu diduga melanggar pasal 141 dan 89 UU No 18/2012 tentang Pangan serta UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

(JPG)



loading...

Feeds