Soal RUU Pemilu, Ternyata Ini Isi Pertemuan Jokowi dengan Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan | DOK. POJOKSULSEL

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan | DOK. POJOKSULSEL

KETUA Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkap isi pertemuan dirinya dengan Presiden Joko Widodo, sehari sebelum digelar Paripurna RUU Pemilu di DPR, Senayan, Kamis (20/7/2017) lalu.

Diakui politisi senior yang akrab disapa Zulhas itu, pada pertemua tersebut dirinya menyampaikan beberapa poin penting soal RUU Pemilu dan masa depan partainya.

“Iya saya ketemu Pak Presiden. Karena ini menyangkut nasib partai kami,” ujar Zulkifli Hasan usai memberikan ceramah 4 Pilar Kebangsaan di Pondok Pesantren Al Islah, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (23/7/2017).

Dalam pertemuan itu, Zulhas meminta pada Jokowi agar metode konversi suara yang digunakan adalah Kuota Hare, bukan Sainte Lague Murni, seperti yang terdapat di opsi A yang dipilih partai pendukung pemerintah lainnya.

“Kami ingin di UU Pemilu kali ini agar sistem konversi penghitungannya menggunakan kuota hare yang habis dibagi di dapil, tapi disitu masih sainte lague murni. Kalau masih sainte lague murni sama saja PAN bunuh diri. Jadi kita abstain,” paparnya.

Soal perkembangan koalisi partai pendukung Jokowi yang dikabarkan mulia retak, Zulhas mengungkapkan, tidak ada masalah apa-apa.

“Koalisi tidak ada masalah, baik-baik saja. Ini hanya soal kenginan internal partai kami,” pungkas Zul.

Sebelumnya, Paripurna di DPR memutuskan agenda voting untuk mengesahkan RUU Pemilu diwarnai aksi walk out yang dilakukan empat fraksi. Adapun empat fraksi itu adalah Fraksi PAN, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi PKS.

Dengan demikian, pengesahan RUU Pemilu menjadi UU Pemilu dilanjutkan dengan peserta rapat paripurna dari enam fraksi.

Merespon hal itu, Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sudah bertemu dengan Zulkifli Hasan sebelum UU Pemilu diputuskan.

“Untuk PAN supaya diketahui bahwa sehari sebelumnya (Ketum-nya Zulkifli Hasan) sudah bertemu dengan saya. Dan sudah menyampaikan kepada saya untuk mendukung,” kata Jokowi, sambil tersenyum usai menutup rangkaian Mukernas DPP PPP di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (21/7).

Apakah ada sanksi untuk PAN? “Tadi kan sudah saya sampaikan, sehari sebelumnya kan kami (Jokowi-Zulkifli) sudah ketemu dan akan solid di partai pendukung pemerintah,” tandas suami Iriana itu.

(dms/JPC/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …