Ini Bahayanya Jajan Sembarangan bagi Anak-anak dan Remaja

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Para orang tua sebaiknya perlu waspada dengan aktivitas anak yang mulai beranjak besar dan masuk usia sekolah dari mulai SD, SMP, dan SMA. Mereka tentu sudah semakin sulit untuk dilarang dalam memilih jajanan.

Para orang tua khususnya ibu, sering tak mengetahui jajanan apa yang biasa dibeli anak di sekolah. Akibatnya, suatu ketika, anak bisa mengeluh sakit.

Penyakit yang diderita anak dan remaja agak sedikit berbeda dengan bayi atau balita. Meskipun ada juga penyakit yang diderita berulang padahal saat kecil sudah terserang. Pakar Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis menjelaskan penyakit pada anak dan remaja biasanya disebabkan oleh perilaku.

“Anak-anak dan remaja bisa juga terkena diare seperti saat balita namun biasanya diarenya disebabkan perilaku seperti jajanan. Kemudian ditambah dengan penyakit lainnya,” kata Tri Yunis kepada JawaPos.com, Sabtu (22/7/2017).

Selain diare, anak dan remaja juga rentan dengan penyakit hepatitis A dan tifus. Jajanan sekolah memang tidak bisa dicegah karena rasa ingin tahu di usia anak-anak dan remaja juga sangat besar.

“Penyakitnya mulai beda tuh, diare ada, hepatitis A, tifus. Karena masalah jajanan yang tak higienies dan sanitasi lingkungan,” ungkapnya.

Anak usia sekolah juga bisa terkena penyakit pneumonia atau infeksi saluran pernapasan namun kemungkinannya lebih rendah dari balita. Penyakit lainnya juga sering dipicu karena perilaku misalnya mandi hujan.

“Lalu misalnya tertusuk paku karena main sehingga penyakitnya bisa juga tetanus, atau sudah mulai main dan dikejar anjing bisa terkena rabies,” katanya.

Penyakit kulit juga rentan terkena pada anak dan remaja. Pola permainan yang tak menjaga kebersihan membuat kulit mereka bisa terkena alergi.

“Cacar mungkin sekarang sudah agak jarang ya. Lalu penyakit kulit seperti korengan, atau alergi kulit. Lalu infeksi jamur, kudis, kutu, dan scabies,” jelasnya.

(ika/JPC)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …