PSM Dukung Penggunaan Wasit Asing

CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin| DOK. POJOKSULSEL

CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin| DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2017, memastikan bakal menggunakan jasa wasit Asia atau Eropa, diputaran kedua Liga 1 yang dimulai Agustus mendatang.

Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbanhan dan masukan dari klub-klub peserta kompetisi mengenai perangkat pertandingan. Hingga pekan ke-15 Liga 1 musim 2017, laporan mengenai kepemimpinan wasit banyak ditangani PT Liga Indonesia Baru (LIB).

 

CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin  mengungkapkan, dirinya mendukung adanya wacana pemakaian wasit asing di Liga 1. “Wacana ini menarik dan munculkan dua kesimpulan yang bisa ditarik yakni kualitas wasit Indonesia jelek dan jumlahnya tidak banyak,” kata Munafri.

Munafri mengatakan, dari beberapa pertandingan yang sempat ia amati, memang banyak keputusan aneh yang dibuat oleh wasit lokal saat memimpin pertandingan di Liga 1.

“Ada beberapa keputusab wasit kurang jeli, mungkin saja tidak ada maksud untuk nerugikan tim tertentu,” katanya.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Appi ini, juga mengkritik Komisi Disiplin yang terkesan arogan dalam mengambil keputusan. Dia merujuk sanksi PSM yang melibatkan Robert Alberts, Hamka Hamzah, dan panpel Makassar.

“Harusnya ada bukti, panggil yang bersangkutan. Misalnya, Robert kalau memang ada videonya sebagai bukti, kita terima. Sama dengan Hamka, dia mengangkat tangan, kalo memang clear kita terima,” kata Munafri.

Atas dasar tersebut, Munafri kedepannya Komdis PSSI merubah pola dalam mengeluarkan sanksi. “Pelanggaran pidana saja harus ada panggilan, ada sanksi, barang bukti sebelum dijatuhkan sanksi,” sesal Appi.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds