Komisi IX‎ DPR Kunjungan ke Parepare, Ini Agendanya..

Suasan pertemuan Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan delapan anggota komisi IX DPR RI di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare.

Suasan pertemuan Wali Kota Parepare Taufan Pawe dan delapan anggota komisi IX DPR RI di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare.

WALI KOTA Parepare Taufan Pawe menerima rombongan Komisi IX DPR-RI di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (21/7/2017).

Sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran pemerintah kota hadir di‎ kegiatan ini.

Komisi yang membidangi Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kesehatan itu melakukan kunjungan kerja spesifik dalam rangka pengawasan penyelesaian pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI).

“Kami bangga dan apresiasi kedatangan tamu terhormat dari Komisi IX di kota kami,” ujar Taufan Pawe.

Dihadapan delapan orang anggota DPR-RI tersebut, Taufan mengatakan, Parepare bukan daerah sumber tenaga kerja, namun mempunyai peran yang sangat kuat dalam proses pengiriman tenaga kerja.

“Karena Parepare daerah terbuka, arus barang dan orang sangat tinggi. Kota kami didukung adanya pelabuhan,” terang Taufan Pawe.

Ketua Komisi IX DPR RI Syamsul Bahri mengatakan, pihaknya dalam agenda pengawasan untuk mengetahui langkah yang diambil pemerintah untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang terhadi pada TKI.

“Saat ini banyak TKI yang mendapat tekanan di luar sana. Kita tidak bisa berbuat banyak karena ada hambatan yang dihadapi,” politikus Partai Golkar ini.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang merampungkan UU yang mengatur tenaga kerja di luar ngeri.

“Kami ingin ada perlindungan ke TKI pada saat pra keberangkatan. Mereka tidak akan lagi diperas oleh calo, tidak dipermainkan, dipersulit dan lain-lain. Itu unsur perlindungan akan dilakukan melalui undang-undang yang tengah kami rampungkan ini,”jelasnya.

TKI, menurut dia, tidak boleh diperlukan sewenang-wenang dan harus mendapatkan hak-hak.

“Begitupula jika mereka sudah kembali. Ada apenguatan dari pemerintah daerah sehingga mereka lebih bangga bekerja di negerinya sendiri nanti,”ungkap Syamsul Bahri.

(sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds