Ingin Ambil Alih Pengelolaan Parkir, Ije: Memangnya Bapenda Sudah Becus Urus Pajak?

Anggota DPRD Makassar Iqbal Djalil

Anggota DPRD Makassar Iqbal Djalil

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Makassar, melalui Wakil Ketua, Iqbal Djalil menyatakan menolak rencana Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar untuk mengambil alih pengelolaan parkir pelataran minimarket.

Menurut Legislator dari Fraksi PKS ini, Bapenda perlu alasan kuat dan rasional jika pengelolaan parkir pelataran minimarket diambil alih dari PD Parkir. Apalagi, kata Ije sapaan akrabnya, Bapenda juga belum secara maksimal mengelola sumber potensi pajak selama ini.

“Memangnya Bapenda itu sudah becus mengurus dan menarik pajak, lalu dengan gampang mau mengambil alih pengelolaan parkir. Itu cuma akal-akalan saja. Kalau saya tidak setuju hanya karena alasan PD Parkir tidak efektif mengelola retribusi parkir (pelataran minimarket) lalu tiba-tiba mau diambil alih,” tegas Ije yang juga bakal calon Wali Kota Makassar ini, Jumat (21/7/2017).

Harusnya, kata Ije, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kerja Bapenda yang ada sekaranglah yang lebih dimaksilkan. Dibanding menambah tugas baru yang belum ditahu pasti maksimal hasilnya.

“Laporan Bapenda soal pajak dan segala macam retribusi sejauh ini belum maksimal seperti yang dilaporkan ke komisi B, mengapa mau menambah beban lagi,”jelasnya.

Meski diakui ada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun menurutnya, kenaikan tersebut belum sesuai dengan potensi pendapatan yang seharusnya masuk ke kas daerah, “Harusnya kenaikannya bisa lebih besar lagi, karena potensi bisa terserap belum sebanding dengan yang masuk ke kas daerah. Lebih baik itu dulu yang Bapenda fokuskan, untuk dimaksimalkan,” tambahnya.

Apalagi, tambah Ije, Komisi B sebagai mitra dari Perusda di Makassar akan menjadi kewalahan bila ada pemisahan seperti itu, apalagi kalau sfesifiksinya hanya pelataran mini market saja.”Kami di komisi akan susah mengevaluasinya, yang mana wewenangnya siapa dan apa,” papar legislator dua periode ini.

Belum lama ini, melalui rilis yang dikirimkan ke pojoksulsel.com, Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya Muh. Irianto Ahmad membantah perusahaan daerah atau BUMD yang dipimpinnya tengah rebutan lahan parkir dengan pihak Bapenda Pemerintah kota Makassar.

Menurut Irianto memang pihaknya pernah melakukan pertemuan dengan Bapenda tanggal 18 Juli 2017 lalu, namun hanya rapat koordinasi.

“Pertemuan PD Parkir dengan Sekretaris Bapenda membahas tentang tim yang diturunkan oleh Bapenda untuk mengklarifikasi badan usaha,” jelas Irianto, Kamis (20/7/2017).

Sementara itu, hingga berita ini turunkan, Kepala Bapenda Pemkot Makassar, Irwan Adnan yang dikonfirmasi terkait polemik tersebut belum memberikan jawabannya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds