Minta Rp21 Miliar tapi Dikasih Rp11 Miliar, KPUD Parepare Gelar Uji Publik

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Parepare menggelar uji publik untuk kebutuhan anggaran Pilkada Parepare, Kamis (20/7/2017).

Mereka yang hadir antara lain, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkumpimda), Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM).

Uji publik ini dilakukan sebagai jawaban atas polemik anggaran sebesar Rp21,9 miliir anggaran yang diajukan oleh KPU ke Pemkot Parepare melalui TAPD dan hanya disetujui sebesar Rp 11 miliar .

Ketua KPU Kota Parepare Nur Nahdiyah memaparkan, angka Rp21,9 miliar yang diusulkan merupakan angka substantif dalam melahirkan Pilkada yang berkualitas.

Sebelumnya pada Pilkada 2013 lalu, anggaran yang digunakan oleh KPU sebesar Rp5 miliar.

“Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara Pilkada 2013 dan Pilkada 2018 diantaranya jumlah TPS yang betambah, jumlah petugas pemutakhiran data pemilih(PPDP), honor penyelenggara adhock, honor PPDP, honor tim kerja, alat peraga, relawan demokrasi dan sosialisasi yang lebih dinamis,” jelasnya.

Anggaran yang paling membuncit adalah anggaran kampanye yang diestimasikan sebesar Rp4 miliar.

Sementara itu, Anggota TAPD Pemkot Parepare Bustam Tanrang mengatakan, usulan anggaran yang dikeluarkan oleh pihak Pemkot Parepare merupakan hasil rasionalisasi dan berkaca pada keuangan yang terbatas.

“APBD kita sedang sakit, angka yang kita keluarkan itu merupakan hasil rasionalisasi yang telah kita kaji,”katanya.

Sementara itu, mantan Komisioner KPU Parepare Amran Hamdani yang turut hadir dalam uji publik berpesan agar KPU berhati-hati dalam mengajukan dan mengelola anggaran.

“Berapapun anggarannya, kedepankan efektifitas dan yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih,”ungkapnya.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …