Hasil Sidang Komisi PSSI: Denda PSM dan Persib Paling Banyak

Pemain PSM Makassar | DOK. POJOKSULSEL

Pemain PSM Makassar | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kembali merilis sanksi dan denda hasil sidang mingguan mereka, yang dirilis, Rabu (19/7/2017) kemarin.

Kali ini, dari sidang ke-9 yang berlangsung pada 13 Juli 2017, Komdis PSSI mengeluarkan sejumlah putusan berupa sanksi bagi klub, pemain, atau pelatih yang melakukan kesalahan atau melanggar regulasi di kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Melalui sidang yang digelae di kantor PSSI, lantai 17 Gedung Grand Rubina, Jakarta, Komisi Disiplin dihadiri oleh Asep Edwin selaku ketua dan Wakil Ketua Umar Husin serta anggota Dwi Irianto, Yusuf Bachtiar, Eko Hendro.

PSM Makassar dan Persib Bandung menjadi tim yang paling banyak menerima denda dan sanksi. Denda Rp 211 juta untuk Persib Bandung dan kedua, denda Rp 100 juta untuk PSM Makassar.

Pertama, sanksi yang diterima kapten tim PSM Makassar Hamka Hamzah yang terbukti melakukan tindakan tidak sportif.  Ia dinilai melakukan provokasi dengan menunjuk jari tengah ke arah suporter Persib saat PSM menghadapi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 5 juli lalu.

Atas tindakan itu, Hamka disanksi larangan bermain di dua pertandingan dan denda sebesar Rp 75 juta.  Dipastikan, pemilik nomor punggung 23 ini absen laga tandang versus Bali United pada Minggu (23/7/2017) kelak. Satu laga hukuman sudah dijalani kala PSM menjamu Barito Putera, Selasa (18/7/2017) lalu.

Denda juga menimpa sang pelatih, Robert Rene Alberts yang erbukti melakukan protes berlebihan dengan cara masuk ke dalam lapangan saat menghadapi Persib.

Pelatih asal Belanda didenda Rp 10 juta. Selain itu, asisten pelatih mereka, Herman Kadiaman diberi sanksi peringatan keras karena beradu mulut dengan Manager Bhayangkara FC, Sumardji.

Panitia Pelaksana Pertandingan PSM juga mendapatkan sanksi sebesar Rp 15 juta karena penonton terbukti masuk ke dalam area lapangan dan memprovokasi manager Bhayangkara FC serta melakukan pelemparan botol.

Sementara, dikubu Persib Bandung, masih berhubungan dengan denda PSM.  Denda Rp 101 juta diberikan untuk Panitia Pelaksana Pertandingan mereka, karena suporter Persib terbukti melakukan pelemparan botol serta tidak patuh pada putusan komisi disiplin sebelumnya tentang larangan suporter memakai atribut pada laga menghadapi PSM.

Kedua, denda Rp 110 juta diberikan untuk klub karena (lagi-lagi) ulah suporter. Suporter Persib terbukti menyalakan flare dan smoke bom ketika mereka mendukung Persib di laga tandang melawan Madura United.

Berikut Hasil Sidang Komdis PSSI, Juli 2017:

1. Pemain Persela Lamongan, Ivan Carlos dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 4 (empat) kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti dengan menginjak kaki dan menanduk wasit pada pertandingan Semen Padang melawan Persela Lamongan.

2. Panitia Pelaksana Pertandingan Cilegon United dikenakan sansi berupa denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti supporter Cilegon United melakukan pelemparan pada pertandingan Cilegon United melawan Persita Tangerang.

3. Panitia Pelaksana Pertandingan Persib Bandung dikenakan sanksi berupa denda Rp. 101.250.000,- karena supporter Persib Bandung terbukti melakukan pelemparan botol, tidak patuh pada putusan komisi disiplin tentang larangan suporter memakai atribut pada pertandingan Persib Bandung melawan PSM Makassar. Suporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

4. Pemain PSM Makassar Hamka Hamza dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 2 (dua) kali dan denda Rp. 75.000.000,- karena terbukti melakukan tindakan tidak sportif dengan menunjuk jari tengah ke arah penonton pada pertandingan Persib Bandung melawan PSM Makassar.

5. Pelatih PSM Makassar Sdr. Robert Rene Albert dikenakan sanksi berupa denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan protes berlebihan dengan cara masuk ke dalam lapangan Persib Bandung melawan PSM Makassar.

6. Panitia Pelaksana Pertandingan PSBI Blitar dikenakan sanksi denda Rp. 20.000.000,- dan larangan bertanding tanpa penonton pada saat menjadi tuan rumah sebanyak 2 (dua) kali karena penonton PSBI terbukti saling melakukan pelemparan botol dengan supporter PSIM Yogyakarta, menyalakan petasan dan melakukan intimadasi terhadap wasit pada pertandingan PSBI Blitar melawan PSIM Yogyakarta.

7. PSIM Yogyakarta dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti saling lempar dengan supporter PSBI Blitar pada pertandingan PSBI Blitar melawan PSIM Yogyakarta.

8. Panitia Pelaksana Pertandingan 757 Kepri dikenakan sanksi berupa denda Rp. 10.000.000,- karena supporter 757 Kepri terbukti menyalakan flare pada pertandingan 757 Kepri melawan Persiraja Banda Aceh.

9. Panitia Pelaksana Pertandingan Persikad Depok dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton terbukti masuk ke dalam area lapangan pada pertandingan Persikad Depok melawan Lampung Sakti.

10. Panitia Pelaksana Pertandingan Celebest dikenakan sanksi denda Rp. 10.000.000,- karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol pada pertandingan Celebest melawan Persekap Pekalongan.

11. Panitia Pelaksana Pertandingan Persiba Bantul dikenakan sanksi denda Rp. 15.000.000,- karena penonton terbukti melakukan pelemparan botol air mineral sampai ke dalam lapangan, membakar gulungan kertas dan berusaha masuk ke dalam lapangan pada pertandingan Persiba Bantul melawan Persipon Pontianak.

12. Pemain Persipon Pontianak Sdr. Ronaldo Dasilva dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 4 (empat) kali dan denda Rp. 10.000.000,- karena terbukti melakukan tindakan tidak sportif berupa pemukulan terhadap pemain Persiba Bantul Sdr. Bustomi pada pertandingan Persiba Bantul melawan Persipon Pontianak.

13. Asisten Pelatih PSM Makassar Sdr. Herman Kadiaman dikenakan sanksi berupa Peringatan Keras karena beradu mulut dengan Manager Bhayangkara FC Sdr. Sumardji pada pertandingan PSM Makassar melawan Bhayangkara FC.

14. Manager Bhayangkara FC Sdr. Sumardji dikenakan sanksi berupa Peringatan Keras karena beradu mulut dengan Asisten Pelatih PSM Makassar Sdr. Herman Kadiaman pada pertandingan PSM Makassar melawan Bhayangkara FC.

15. Panitia Pelaksana Pertandingan PSM Makassar dikenakan sanksi denda Rp. 15.000.000,- karena penonton terbukti masuk ke dalam area lapangan dan memprovokasi manager Bhayangkara FC dan melakukan pelemparan botol pada pertandingan PSM Makassar melawan Bhayangkara FC.

16. Panitia Pelaksana Pertandingan Madura United dikenakan sanksi denda Rp. 30.000.000,- karena penonton terbukti menyalakan smoke bom pada pertandingan Madura United melawan Persib Bandung. Suporter Madura United telah melakukan pelanggaran berulang.

17. Persib Bandung dikenakan sanksi berupa denda Rp. 110.000.000,- karena supporter Persib Bandung terbukti menyalakan flare dan smoke bom pada pertandingan Madura United melawan Persib Bandung. Suporter Persib Bandung telah melakukan pelanggaran berulang.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …