E-KTP Tidak Terdata di Kemendagri, Ini Alasan Kadisdukcapil Makassar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – KTP Elektronik atau e-KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, diduga tidak terdata pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal tersebut terungkap, saat salah seorang warga Kecamatan Manggala bernama, Rahmi yang hendak membuka rekening di BRI Jalan Ahmad Yani Makassar, mengeluh kartu Identitas miliknya, tertolak oleh sistem di Bank tersebut.

 

Alasannya, KTP milik Rahmi, tidak dapat diproses karena tidak terdata di Kemendagri. Namun, Pihak Disdukcapil Makassar yang hari itu juga ditemui dan melakukan pendataan ulang, mengaku data Rahmi telah teraktivasi.

Kadis Dukcapil Makassar Nielma Palamba yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, mengungkapkan bahwa berdasarkan analisa sementara, kemungkinan data yang bersangkutan tidak masuk dalam warehouse.

“Yang bersangkutan bisa langsung ke kantor saya besok. Jangan lupa bawa KTP-nya. Analisa kami sementara ini kemungkinan datanya tidak masuk dalam warehouse. Sehingga harus dilaporkan ke pusat,” jelas Nielma, Rabu (19/7/2017).

Perlu diketahui, lanjut Nielma, data penduduk yang diberikan kepada pihak ketiga seperti Perbankan dan sebagainya, adalah hasil konsolidasi bersih semesteran, “Jadi bisa saja data yang bersangkutan belum ada dalam warehause sehingga perlu dikirim lagi. Olehnya itu, yang bersangkutan baiknya ke kantor ketemu saya besok ya,” tambahnya.

Hal serupa, diungkapkan Nielma pernah juga terjadi pada penerimaan siswa baru lewat online sistem beberapa bulan lalu.

“Iya, contonya beberapa bulan lalu ketika ada penerimaan siswa baru lewat online yang mensyaratkan NIK untuk diinput maka biasa tertolak, sehingga yang bersangkutan harus datang ke kantor kami untuk dikirim datanya ke warehause,” jelasnya.

“Setelah terkirim ke warehause di pusat tidak ada masalah lagi,” tambahnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

kesehatan, bahaya obesitas, bahaya kegemukan, penyakit obesitas, obesitas, penyebab obesitas, penyebab kegemukan

Ini 4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat

POJOKSULSEL.com – Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap prima. Sebab, kurang serat merupakan …