Warga Makassar Kecewa, E-KTP 2016 Miliknya Tak Terdata di Kemendagri. Kok Bisa?

Rahmi dan aplikasi pembukaan rekening di BRI Jalan Ahmad Yani

Rahmi dan aplikasi pembukaan rekening di BRI Jalan Ahmad Yani

POJOKSULSEL.com, MAKSSAR – KTP Elektronik atau E-KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, diduga tidak terdata pada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Seorang warga Kecamatan Manggala bernama, Rahmi yang hendak membuka rekening di BRI Jalan Ahmad Yani Makassar, harus kecewa. Pasalnya, data dalam KTP elektronik miliknya tidak terdaftar di Kemendagri.

Cerita itu berawal saat Rahmi hendak membuka rekening baru di BRI Ahmad Yani Makassar. Namun, data E-KTP yang di setor ke pelayan BRI tiba-tiba tertolak oleh sistem, dengan alasan tidak dapat diproses karena tidak terdata di Kemendagri. Ia diminta oleh pihak BRI untuk kembali ke Disdukcapil, agar bisa melakukan aktivasi ke Kemendagri.

Setelah diterima salah seorang petugas yang membawa KTP di Dsdukcapil Makassar, Jalan Teduh Bersinar, untuk diproses, usai beberapa saat, petugas KTP disudkcapil kembali dan menyatakan sudah teraktivasi.

“Saya kembali lagi ke BRI Ahmad Yani untuk membuka rekening dengan harapan sudah teraktivasi di Kemendagri. Namun, tetap saja tertolak oleh sistem, jadi saya kembali lagi ke Disdukcapil. Disana dilakukan perekaman mata kembali, dan dinyatakan berhasil aktivasi, namun tetap tertolak saat kembali ke BRI,” ujar Rahmi, warga Tamangapa tersebut kepada pojoksulsel.com, Makassar, Rabu (19/7/2017)

Karena waktu yang sudah terbatas, maka pembukaan rekening ditunda dan harus kembali ke Disdukcapil untuk kesekian kalinya.

“Jadi akan saya apakan KTP elektronik ini? Pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin KTP elektronik terbit tanpa saya melakukan perekaman data. Tidak ada juga penjelasan detail mengenai hal ini di dinas tersebut. KTP saya dikeluarkan pada 2016,” tandas Ami, sapaan akrab Rahmi.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Innalillah… AM Fatwa Meninggal Dunia

POJOKSULSEL.com – Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Indonesia kembali kehilangan salah satu tokohnya. Kamis (14/12/2017) pukul 06.25 waktu Indonesia barat …
kpid, kpid sulsel, kpid awar, kpid awrd 2017, Riswansyah Muchsin, Riswansyah Muchsin kpid

KPID Award 2017 Siap Digelar

KOMISI Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel Periode 2017-2020, siap menggelar KPID Award 2017. 16 kategori untuk tahun ini akan diperlombakan, 10 …