Mahasiswa UNM Terapkan Inovasi Baru KICATAH di Sidrap

TIGA Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil membuat inovasi baru  melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

Inovasi ini yaitu membuat Kincir Air Sawah Tadah Hujan (KICATAH) di Kampung Bapangi Kabupaten Sidrap yang dilaksanakan bulan Juli lalu.  Ketiga mahasiswa tersebut Muh. Arif Gunawan sebagai ketua kelompok, Syafarman dan Alfitrah Salam sebagai anggota.

Muh. Arif Gunawan selaku ketua kelompok mengatakan, di lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut tidak memiliki saluran air sehingga susah untuk mengairi sawah, dan hanya membuat sumur bor yang selanjutnya dihisap menggunakan mesin pompa air.

“Petani disana banyak mengeluhkan persawahannya yang tidak ada saluran  air persawahan. Sehingga kami membuat KICATAH ini untuk mengairi persawahan,  KICATAH ini sendiri mengandalkan air hujan untuk bisa bekerja sehingga lebih mengirit biaya dibandingkan dengan menggunakan mesin pompa air,” ujar Arif.

Mahasiswa angkatan 2013 ini berharap masyarakat yang lain juga bisa menerapkan inovasi ini di sawah mereka masing-masing. Sehingga biaya operasional untuk mengolah persawahan serta hasil panen yang dihasilkan bisa lebih maksimal lagi.

“Masyarakat bisa menerapkan inovasi kincir ini di persawahan mereka sebab pembuatannya tidak terlalu sulit dan lebih efektif serta  air yang dihasilkan cukup untuk mengairi persawahan,” harapnya.

CITIZEN REPORT:
Abdul Wahid
Makassar



loading...

Feeds