Kejuaraan Tinju Amatir, Jago Sulsel Ditantang Petinju Maluku

Petinju Sulawesi Selatan yang turun di kelas 64 kilogram (kg) Blasius Kuruop. | IST

Petinju Sulawesi Selatan yang turun di kelas 64 kilogram (kg) Blasius Kuruop. | IST

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Petinju Sulawesi Selatan yang turun di kelas 64 kilogram (Kg), Blasius Kuruop akan ditantang petinju dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) Libertus Gha, pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Kapolri Cup I di Jambi, Kamis (20/7/2017).

Ini merupakan partai kedua bagi kedua petinju ini. Sebelumnya, hari pertama Blasius mampu menang Technical Knock Out (TKO) atas petinju Ogan Komerling Ilir (Oku) Sumatera Selatan hanya dengan dua ronde.

Sementara Libertus dipertandingan pertamanya menang RSC atas Taufic Rahman dari ME.

Pelatih tinju Sulsel, Alber mengaku optimis anak asuhnya itu mampu meraih kemenangan keduanya di Kejurnas kali ini. “Saya sudah melihat gaya bermain Libertus di pertandingan sebelumnya. Kelemahannya juga sudah kami ketahui. Saya kira Blasius bisa mengulang sukses seperti di pertandingan pertamanya,” ujar Albert, Rabu (19/7).

Optimisme itu juga datang dari sang atlet, Blasius. Menurut petinju berpangkat Prajurit Kepala (Praka) di Batalyon Armed Kodam XIV Hasanuddin ini mengaku ingin naik podium di kelasnya.

“Saya datang ke Jambi tidak hanya membawa nama baik Pertnia Sulsel, tapi juga membawa nama Batalyon tempat saya bertugas,” tegas petinju kelahiran Merauke , 22 Oktober 1984 ini.

Sulung dari empat bersaudara pasangan Damianus Dogoni dan Klementinaini menjadi satu-satunya pwetinnju Sulsel yang bertahan di Kejurnas Kapolri Cup I 2017.

Dua petinju lainnya Yosua Holy Masihor, kelas 49 Kg dan Hindriawati Haer, kelas 51 Kg putri, gagal melaju ke babak berikutnya.

Ketua Pertina Sulsel, Adi Rasyid Ali berharap Blasius mampu mempersembahkan prestasi terbaik di event ini.

ARA, sapaanya memaklumi di kelas 64 Kg atlet binaannya itu akan berhadapan dengan sejumlah petinju sarat pengalaman.

“Apalagi Blasius baru naik di kelas 64 Kg. Sebelumnya dia main di kelas 60 Kg. Tapi saya yakin dia sudah tahu peta kekuatan lawan,” ujar ARA yang terpilih jadi ketua Pertina Sulsel 13 Mei 2017 lalu.

Selain Blasius, di kelas 64 Kg ada beberapa petinju yang selama ini sudah malang melintang di kancah nasional. Diantaranya petinju TNI Angkatan Udara, Michael Manopo, Hayatullah dari Sumatera Barat, Imam A (Banten), Michael Romroman, Dominikus Kamawa (Papua) dan Orlando Limahelu (Sumatera Utara).

“Tapi saya tidak pernah gentar,” kata peraih medali emas di kelas 60 Kg Celebes Championship 2013 itu.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds