HTI Dibubarkan, Ismail Yusanto: Salah Kami Apa?

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – HTI tidak mendapat konfirmasi apapun dari Kemenkum HAM tentang pencabutan status badan hukum Ormas HTI.

HTI mengganggap hal ini dilakukan Kemenkum HAM secara tiba-tiba.

Juru bicara HTI Ismail Yusanto tidak mengetahui alasan Kemenkum HAM yang akan mencabut izin badan hukum HTI. Ia pun meminta penjelasan hal yang melatarbelakanginya.

“Kami enggak ngerti kenapa tiba-tiba dicabut. Atas salah apa kami? Tidak ada konfirmasi dari Kemenkum HAM,” kata Ismail, di Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ia mengungkapkan, tindakan pencabutan izin badan hukum HTI merupakan tindakan kesewenang-wenangan. Dilakukan tanpa ada peringatan apapun.

“Ini tidak ada peringatan tertulis, kami salah apa. Itulah kami sebut kezaliman, kesewenang-wenangan. Terbitnya perppu sebuah kezaliman. Lalu di dalam perppu menghilangkan proses pengadilan, kezaliman baru. Jadi ini kezaliman ganda,” beber dia.

Soal langkah hukum terkait pencabutan izin badan hukum, ia menambahkan, pihaknya akan bertindak setelah pernyataan resmi Kemenkum HAM.

“Kami akan dengarkan dulu apa yang dimaksud Menkumham. Baru nanti kami lihat seperti apa langkah-langkahnya, baru akan kami tentukan,” ujarnya.

Kemenkumham akan mencabut status badan hukum Ormas HTI. Hal ini menindaklanjuti terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

(dri/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds