Setnov Tersangka, Golkar Siapkan Langkah Hukum dan Politik

HM Nurdin Halid

HM Nurdin Halid

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Usai penetapan Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto (Setnov) sebagai tersangka dalam kasus e-Ktp oleh KPK, Partai Golkar akan melakukan beberapa langkah secara organisasi.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Harian DPP Partai Golkar, HAM Nurdin Halid (NH). Kata NH, partainya akan melakukan dua langkah antisipasi untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut serta demi menjaga situasi politik partai Golkar di momentum politik hingga 2 tahun ke depan.

langkah pertama, yakni langkah hukum. NH mengatakan, pihaknya akan membentuk Tim advokasi, meski Setnov juga telah memiliki advokat bagi dirinya sendiri.

“Novanto sebagai pribadi tentu mengangkat pengacara. DPP Partai Golkar membentuk tim advokasi baik secara internal dan eksternal secara hukum. Itu antisipasi yang pertama,” kata NH usai rapat Fraksi Golkar di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, (18/7/2017).

Sementara yang kedua adalah proses politik. NH membeberkan bahwa, Sekjen Golkar, Idrus Marham sengaja didatangkan ke DPR RI untuk menghadiri pleno fraksi yang bertujuan untuk memberi motivasi juang pada para anggota DPR, namun fraksi Golkar memastikan kepentingan rakyat harus didahulukan.

“Tak boleh kita kendor semangatnya. Tak boleh merasa malu. Dan tidak boleh kita mengabaikan dari kepentingan yang lebih besar. Karena itu segala proses politik di DPR,  Partai Golkar harus tetap berperan bahkan lebih berperan lagi dibanding sebelum ketua umum jadi tersangka,” ungkap Nurdin.

Ia melanjutkan RUU Pemilu juga belum diputuskan. Padahal RUU ini sangat menentukan nasib bangsa terhadap proses demokrasi. Sehingga Fraksi Golkar memastikan tak akan terpengaruh sedikitpun terhadap penetapan tersangka ini.

“Antisipasi terhadap proses konsolidasi. Konsolidasi oganisasi, pemenangan pemilu, dan program. Saya punya keyakinan yang kuat DPP, DPD I, sampai desa, pengaruh kinerja partai, proses program dan pemenangan tidak akan terpengaruh jauh untuk memperburuk citra Golkar, saya punya keyakinan kuat,” tukas Nurdin.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds