DPRD Minta Pemkot Genjot PAD dari Hotel dan Restoran

Ilustrasi pajak

Ilustrasi pajak

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar telah menetapkan agenda dalam satu bulan kedepan. Salah satunya diantaranya terkait Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) triwulan kedua.

Meski belum ada tanggal pasti terkait rapat yang rutin digelar bersama dengan SKPD tersebut, Bamus mengaku telah menjadwalkan rapat lanjutan pekan ini. “Untuk tanggal pastinya belum Bamus sepakati, akan ada rapat Bamus selanjutnya pada pekan ini,” ujar Mesakh di DPRD Makassar, Senin (17/7/2017).

Terkait hal itu, Sekretaris Komisi B Meshak Raymon Rantepadang meminta kepada seluruh SKPD yang menjadi mitra Dewan utamanya Bapeda untuk memaksimalkan penarikan pajak dari usaha hotel dan restoran, agar target PAD bisa tercapai hingga tutup tahun 2017.

“Jangan seperti tahun lalu, PAD tidak mencapai target, tahun ini Bapeda harus membuktikan seluruh potensi pajak dapat memberi kontribusi peningkatan pendapatan,” kata Mesakh.

Menghadapi monev nanti, Ia juga meminta agar SKPD menyiapkan dokumen dan laporan selama triwulan kedua ini, “Pemerintah harus mulai menyiapkan data mengenai realisasi pajak hotel dan restoran yang menunggak terhitung mulai Januari hingga Mei,” tegasnya.

Ia mengaku potensi pajak di sektor hotel dan restoran sangat potensial jika dimaksimalkan. Apalagi di Makassar sekarang pertumbuhan hotel dan restoran makin pesat. Olehnya itu Bapeda harus bekerja maksimal dengan memanfaatkan SDM yang ada.

“Ada ribuan hotel dan restoran kita di Makassar, kalau penarikannya maksimal tentu target PAD Rp1,3 triliun akan terpenuhi,” tambahnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds