Sukses Gelar Harkopnas, Nilai Positif NH di Pilgub Sulsel

HM Nurdin Halid

HM Nurdin Halid

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pagelaran Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang berlangsung di Makassar telah sampai pada penghujung rangkaian acara yang ditandai dengan kegiatan Jalan Sehat, Makassar, Minggu (16/7/2017) pagi tadi, serta terbilang sukses.

Pelaksanaan koperasi yang sukses tersebut menuai sejumlah pujian positif dari sejumlah kalangan. Secara politik, pujian tersebut, menurut beberapa pengamat menilai, bahwa kesuksesan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), HAM Nurdin Halid (NH) dalam menggelar Harkopnas, mempengaruhi Popularitas NH secara politik di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Pengamat politik Unibos Makassar, Arif Wicaksono, menilai NH sekarang tengah meraut popularitas yang tinggi atas keberhasilannya menggelar Harkopnas tersebut.

“Menurut saya, justru hal itu akan mendorong aspek popularitas atau pun akseptabilitas calon apalagi bila even tersebut sukses dilaksanakan,” jelas Arif melalui pesan Whats Upnya, Makassar, Minggu (16/7/2017).

Dosen Politik Unibos ini berpendapat, meski dalam rangkaian Harkopnas tidak ada hubungannya dengan proyeksi Pilgub 2018, namun hal itu tetap punya pengaruh secara politik bagi posisi NH di Pilgub nantinya.

Saya kira rangkaian Peringatan Harkopnas dan “Kongres Dekopin baru-baru ini mungkin  tidak dimaksudkan penyelenggara sebagai ajang sosialisasi Pilgub 2018. Namun demikian, bila ada pernyataan bahwa hal tersebut punya dampak (positif atau negati) bagi NH sebagai cagub pada Pilgub 2018, saya kira itu wajar saja,” ungkap Arif.

Sementara, hal senada juga datang dari Dosen Komunikasi Politik Unibos, Firdaus Muhammad.  Menurut Firdaus, berbagai pujian yang datang kepada NH dari berbagai kalangan tersebut tentu sangat baik secara politik.

Namun, pakar Ilmu Komunikasi UIN Aluddin Makasaar ini menegaskan, bahwa apapun alasannya, Harkopnas tidak bisa dijadikan alat untuk kepentingan politik.

“NH panen pujian dan memberi keuntungan politik secara positif. Namun sejatinya dekopin tidak jadi kendaraan politik atau dipolitisasi,” tegas Firdaus Muhammad.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

selebriti, benny pambers, benny pambers meninggal dunia, benny pambers meninggal, pambers

Benny Panbers Meninggal Dunia

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Kabar duka dari dunia hiburan tanah air. Musisi senior Benny Panjaitan meninggal dunia. Kabar ini diumumkan melalui …