Ini Cara Agar Anda Tak Kecanduan Kopi, Hindari Efek Negatif

Ilustrasi

Ilustrasi

MINUM kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, kopi mengandung kafein yang mungkin bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Kecanduan minum kopi mungkin tidak akan parah, tetapi membuat seseorang tidak nyaman.

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, jika seseorang berhenti “ngopi” secara tiba-tiba atau tidak minum kopi, akan ada banyak hal yang dialami. Salah satunya, seseorang bisa merasa sakit kepala, kelelahan, gelisah, cepat marah, suasana hati buruk, dan sulit berkonsentrasi.

Hal itu dapat membuat kemampuan seseorang dalam bekerja atau beraktivitas seperti biasa menjadi terganggu. Dampak ini biasanya terjadi pada penggemar kopi berat, yang biasa mengonsumsi kopi sebanyak dua cangkir atau lebih per harinya. Lalu bagaimana agar tidak kecanduan kopi?

Biasanya seseorang akan merasakan efek kafein paling kuat saat baru pertama kali mulai mengonsumsi kopi. Pada saat ini, seseorang dapat merasakan efek lebih waspada, lebih berenergi, lebih berkonsentrasi, dan sebagainya yang membuat pekerjaan sedikit terbantu. Hal itulah yang membuat seseorang ingin minum kopi lagi.

Namun, saat seseorang sudah sering minum kopi, efek kafein dari kopi mungkin menjadi lebih sedikit terasa. Hal itu terjadi karena tubuh sudah terbiasa dengan kehadiran kafein. Bisa juga karena sudah terjadi perubahan kimia dalam otak.

Alhasil, peminum kopi akan menambah jumlah konsumsi kopi per hari untuk mencapai efek kafein yang diinginkan. Ini mengapa biasanya peminum kopi akan membangun toleransi kafein dari waktu ke waktu, yang membuatnya ketergantungan dengan kopi.

Untuk mencegah kecanduan kopi ini, maka sebaiknya seseorang membatasi jumlah kopi yang dikonsumsi per hari. Jika sudah terbiasa minum banyak kopi per harinya, maka yang bisa dilakukan adalah mulai menurunkan jumlah cangkir kopi per hari, secara perlahan bukan tiba-tiba berhenti minum kopi.

Misalnya, jika biasanya minum empat cangkir kopi per hari, maka mulailah menguranginya dengan mengonsumsi tiga cangkir kopi per hari dan seterusnya sampai merasa tidak ketergantungan lagi.

Jika sudah begitu, seseorang mungkin akan tidak terbiasa dan merasakan dampaknya pada dua hari pertama. Namun selanjutnya dia akan terbiasa secara bertahap sesudahnya. Batas jumlah konsumsi kopi atau kafein paling aman adalah tidak lebih dari 200 mg kafein atau dua cangkir kopi per hari.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Ini Syarat Calon Walikota PPP Parepare

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC-PPP), Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Salam Latif, mengatakan sejauh …