Baca Ini!!! Aktivitas di Rumah yang Baik untuk Bakar Kalori

Ilustrasi

Ilustrasi

BILA Anda salah satu orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, tentu pembakaran kalori per hari menjadi perhatian serius.

Bahkan, demi membakar ratusan kalori per hari, sebagian orang rela mengeluarkan uang untuk menjadi anggota sebuah klub kebugaran atau gym.

Kemudian menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencapai berat badan ideal.

Padahal, untuk membakar kalori, sebenarnya banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan dengan murah dan mudah.

Berikut ini beberapa aktivitas tersebut, seperti dilansir laman India Times.

1. Membersihkan rumah.

Membersihkan rumah Anda bisa membakar hingga 150 kalori atau lebih dalam 30 menit. Cobalah mengepel atau menyapu lantai dengan memutar tubuh dari satu sisi ke sisi lain sebanyak yang Anda bisa.

2. Memasak.

Ada dua manfaat memasak di rumah. Pertama, makan makanan rumahan bisa membantu Anda menghindari makan di luar yang tentunya bisa membantu penurunan berat badan.

Kedua, menyelesaikan berbagai macam tugas di dapur, mulai dari memotong sayuran, membersihkan daging hingga mencuci sayuran bisa membakar hingga 75 kalori atau lebih dalam 30 menit.

3. Duduk.

Nah, inilah salah satu yang pasti bisa menarik perhatian Anda. Meskipun Anda tidak benar-benar membakar kalori sebanyak beberapa aktivitas yang mengharuskan Anda berdiri dan bergerak, Anda ternyata bisa membakar hingga 34-53 kalori saat Anda dan membaca buku.

Anda bisa membakar hingga 60 kalori dalam 30 menit saat Anda mengemudi.

4. Belanja.

Menurut situs University of Hawaii Nutrition, berjalan-jalan di mal bisa membakar hingga 200 kalori per jam.

Selain itu, gunakan tangga bukan eskalator untuk meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar.

5. Berjalan.

Apakah Anda kerap berjalan di sekitar kompleks perumahan, kompleks perkantoran atau naik tangga? Cobalah melewati 10 ribu langkah dalam sehari.

Jumlah ideal yang ditetapkan oleh American Council on Exercise ini bisa membakar hingga 3.500 kalori dalam seminggu.

6. Seks.

Siapa yang tidak suka menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati permainan di bawah seprai? Karena seks kini merupakan aktivitas yang merupakan bagian dari gaya hidup, hal itu bisa menambah tujuan kesehatan Anda.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Montreal menyatakan, rata-rata pria bisa membakar hingga 100 kalori dalam sesi 25 menit (termasuk foreplay) dan rata-rata wanita bisa membakar hingga 69 kalori.

Jadi, semakin lama dan semakin intens Anda bercinta, maka semakin banyak juga kalori yang dikeluarkan.

7. Berkebun.

Anda harus menabur benih untuk menuai keuntungan saat berkebun. Menghabiskan waktu 30 menit berkebun bisa membakar hingga 140 kalori atau lebih.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds