Ketua Dekopinwil DIY: Ini Perayaan Koperasi Termegah yang Pernah Ada

Syahbenol Hasibuan, Ketua Dekopinwil Daerah Istimewa Yogyakarta

Syahbenol Hasibuan, Ketua Dekopinwil Daerah Istimewa Yogyakarta

PERAYAAN Hari Koperasi ke-70, 11-13 Juli 2017 yang dipusatkan di Makassar mendapat apresiasi besar sejumlah insan koperasi Indonesia. Mereka menyebut perayaan hari koperasi 2017 ini yang termegah yang pernah mereka jalani.

Syahbenol Hasibuan, Ketua Dekopinwil Daerah Istimewa Yogyakarta, mengaku sempat mengikuti pagelaran hari koperasi ke-67 di Medan. Cukup akbar dan dihadiri Presiden SBY.

“Tapi inilah yang paling akbar dan paling lengkap.Tidak habis pikir bagaimana menggerakkan masyarakat hadir dalam upacara sebanyak itu,” kata Syahbenol yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang Industri DI Yogyakarta, Kamis malam di Hotel Clarion, 13 Juli 2017.

Syahbenol juga angkat topi dengan keseriusan merancang Kongres Koperasi yang digelar kembali tahun ini setelah terakhir digelar 60 tahun yang lalu. “Kongres ini kami maknai sebagai momentum kesiapan koperasi menjadi pilar negara. Insya Allah akan terwujud kelak,” kata Syahbenol.

Insan koperasi lainnya, Yoyo Sunaryo, mengaku sanada dengan Syahbenol. “Kalau peringatan Hari Koperasi di Makassar menjadi standar pelaksanaan perayaan tahun-tahun mendatang, pasti akan selalu dinanti-nanti. Perayaan hari koperasi yang begini meriahnya, menyisipkan rasa bangga di hati kami. Kami tidak merasa dipinggirkan lagi,” sambung Pengurus Paripurna Dekopin ini.

Yoyi mengaku, sederet penghargaan yang disiapkan untuk insan koperasi dan lembaganya, memantik suasana kompetitif antarkoperasi dan anggotanya. “Kami yakin, kontribusi koperasi pada negara akan terus naik signifikan. Kalau tahun ini sudah menembus angka 3 persen, tahun depan bisa 3.5 persen,” kata Yoyo.

Selain upacara menghadirkan puluhan ribu orang menyambut presiden Jokowi, HUT Koperasi juga diwarnai pelaksanaan Expo Koperasi, partispasi 9 negara sahabat, serta jalan santai.

“Hari Koperasi itu kami harap bisa menjadi hari rayanya ekonomi kerakyatan atau ekonomi Pancasila. Di situ, semua level usaha, kecil sampai industri, akan tumpah mengeratkan tangan menjaga kekuatan ekonomi nasional. Itu harapan saya,” tegas Ketua Umum Dekopin, HAM Nurdin Halid. (gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds