Kader GEMPITA Sulsel Dilatih Pengelolaan Alat dan Mesin Pertanian

POJOKSULSEL.com, GOWA – Sebanyak 12 kader Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) wilayah Sulawesi Selatan mengikuti Pelatihan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang merupakan program Kementerian Pertanian RI. Pelatihan tersebut digelar selama 14 hari, sejak 10 Juli 2017 sampai 24 Juli 2017 di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kabupaten Gowa.

Kedua belas kader GEMPITA itu berasal dari perwakilan enam kabupaten, yakni Luwu, Pinrang, Bone, Wajo, Gowa, dan Pangkep. Selain kader GEMPITA ada pula perwakilan dari penyuluh pertanian dan Brigade Alsintan di masing-masing wilayah itu.

Koordinator Wilayah (Korwil) GEMPITA Sulsel, Asrul Herman, mengatakan pelatihan tersebut merupakan langkah strategis untuk menguatkan kapasitas kader dalam bidang pertanian.

“GEMPITA komitmen akan mendukung swasembada pangan yang diprogramkan pak Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, karena itu pengetahuan kader akan terus kita tingkatkan,” ujar Asrul, Jum’at 14 Juli 2017.

Menurutnya, Sulsel merupakan salah satu daerah yang wilayah pertaniannya sangat luas dan menjadi salah satu lumbung pangan di Indonesia. Olehnya itu, kata Asrul, perlu disiapkan tenaga-tenaga handal untuk mengelola pertanian di Sulsel.

“Insya Allah GEMPITA akan memberikan kontribusi positif untuk bidang pertanian Sulsel,” jelas dia.

Akbar Hadi, pengurus GEMPITA Sulsel yang juga menjadi peserta pelatihan itu mengaku banyak mendapatkan pengetahuan baru selama mengikuti pelatihan tersebut.

Dia mengatakan, selain mempelajari pengelolaan Alsintan, para peserta juga diberikan motivasi kepemimpinan untuk penguatan sektor pertanian.

“Banyak hal bermanfaat yang dipelajari di sini (BBPP Batangkaluku). Semoga kelak akan memberikan manfaat yang baik untuk masyatakat Sulsel,” tutur dia.

(muh fadly/rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds