Enam Nama Ini Tidak Lolos Penjaringan Balon Wali Kota di PAN

Ketua DPD PAN Makassar Hamzah Hamid | DOK. POJOKSULSEL

Ketua DPD PAN Makassar Hamzah Hamid | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Makassar menggugurkan enam nama bakal calon wali Kota Makassar yang telah mengembalikan berkas pendaftaran.

Ketua DPD PAN Kota Makassar, Hamzah Hamid mengatakan enam figur tersebut adalah Waki Ketua DPRD Sulsel, Andi Rachmatika Dewi (Cicu), Ketua DPRD Kota Makassar, Farouk M Betta, Nunung Dasniar, dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo(IYL), serta Nasran Mone dan Sri Rahmi.

“Mereka secara otomatis gugur pada penjaringan, sebab menolak untuk disurvei setelah panitia penjaringan menyurati seluruh bakal calon, dan hanya tujuh figur yang menyatakan siap untuk disurvei hingga batas pengembalian pernyataan kesiapan survei 11 Juli lalu,” jelas legislator Komisi D DPRD Makassar ini saat ditemui di DPRD Makassar, Kamis (13/7/2017).

Ia menyebut sebanyak 14 nama bakal calon yang mendaftar di PAN pada penjaringan yang dibuka Juni lalu, dan hanya 13 figur yang mengembalikan.

“Lalu tersisa tujuh figur bakal calon yang nantinya akan kita survei,” paparnya.

Tujuh bakal calon tersebut adalah Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Haris Yasin Limpo, Syamsu Rizal, Andi Mustaman, Adi Rasyid Ali, Iqbal Djalil dan Hamzah Hamid sendiri.

Hamzah mengatakan dengan tersisihnya 6 bakal calon yang dinyatakan lolos berkas di PAN, secara otomatis 7 figur lainnya harus siap untuk menambah budget biaya survei dari sebelumnya hanya sekitar Rp 11 juta per bakal calon, kini per calon harus menambah sebesar kurang Rp 21 juta.

“Kita prediksi biaya survei sebesar Rp150 juta, masing-masing calon harus mengeluarkan biaya sebesar Rp21 juta,” katanya. Hasil Survei tersebut lanjut Hamzah bakal dirilis PAN pada bulan September.

Ketua Nasdem Makassar, Rachmatika Dewi yang dikonfirmasi, mengatakan belum mendapatkan informasi terkait digugurkannya dirinya di partai berlambang matahari itu.

“Saya belum tahu, belum dapat pemberitahuannya. Nanti saya coba tanyakan ke Mario (Ketua Bappilu Nasdem Makassar),” kata Cicu sapaan akrabnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu bakal calon walikota makassar, Farouk M Betta. Farouk juga mengaku tidak mengetahui jika dirinya digugurkan dalam penjaringan tersebut. Ia mengaku belum mendapatkan informasi dari PAN Makassar.

“Sy tidak tahu, tidak pernah dapat pemberitahuannya,” singkat Aru via WhatsApp, Kamis (13/7/2017).

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds