Baca Nih Poin Penting Perppu Ormas, Sanksi untuk Organisasi Anti Pancasila

ilustrasi

ilustrasi

PEMERINTAH rupanya tidak main-main untuk bisa membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bertentangan dengan idelogi Indonesia. Lewat Perppu Nomor 2/2017 tentang Perubahan asa UU Nomor 17/2013 tentang Ormas, pemerintah memberikan sanksi tegas.

Dalam salinan isi Perppu yang diterima wartawan disebutkan, ada sanksi terhadap ormas-ormang yang bertentangan dengan indeologi bangsa. Sanksi yang paling ringan berupa administratif, dan terberat adalah pidana penjara seumur hidup.Dalam hal ada sanksi administratif pada Pasal 61 berupa, peringatan tertulis, penghentian kegiatan, dam pencabutan suata keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Dalam Pasal 62 juga disebutkan peringatan tertulis, hanya diberikan satu kali oleh pemerintah, dalam jangka waktu tujuh hari kerja sejak tanggal diterbitkan.

“Dalam hal ormas tidak mematuhi peringatan tertulis dalam jangka waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 1, menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang hukum dan hak asasi manusia sesuai dengan kewenangannya dapat menjatuhkan sanksi penghentian kegiatan,” demikian isi kutipan pada pasal tersebut.

Kemudian, apabila ormas itu juga tidak mematuhi sanksi penghentian kegiatan, maka menteri seperti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), sesuai kewenangannya bisa melakukan pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Sementara untuk sanksinya disebutkan ‎dalam Psal 82 a ayat 1, disebutkan orang menjadi anggota, atau pengurus ormas yang dengan sengaja langsung melanggar pasal ketentuan sebagaimana dalam Pasal 59 ayat 3 huruf c dan huruf d dipidana dengan pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 1 tahun penjara.

Kemudian pada ayat 2, setiap orang yang menjadi anggota dan atau pengurus ormas yang dengan sengaja dan secara langsung atau tidak langsung melanggar ketentuan sebagai mana dimaksud dalam pasal 59 ayat 3 huruf a dan huruf b, dan ayat 4 dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Berikut ini, kategori ormas anti ideologi Idonesia yang dilarangan merujuk pada Pasal 59.

Ayat 1

a. Menggunakan nama, lambang, bendera, atau atribut yang sama dengan lembaga pemerintahan.
b. Menggunakan dengan tanpa izin nama, lambang bendera negara lain atau lembaga/badan internasuonal menjadi nama, lambang atau bendera ormas.
c. Menggunakan nama lambang, bendera atau tanda gambar yang mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhan dengan nama, lambang bendera atau tanda gambar ormas lain atau partai politik.

Ayat 2

a.Menerima dari atau memberikan kepada pihak manapun sumbangan dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan atau
b. Mengumpulkan dana untuk partai politik

Ayat 3

a. Melakukan tindakan permusuhan terhadap suku, agama, ras atau golongan.
b. Melakukan penyalahgunaan penistaan atau penodaan terhadap agama yang dianut Indonesia.
c. Melakukan ‎tindakan kekerasan, menganggu merusak fasilitas umum, dan fasilitas sosial.
d.Melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ayat 4

a. Menggunakan nama, lambang, bendera atau pada pokoknya atau keseluruhan dengan nama lambang, bendera, atau simbol, organisasi gerakan separatis atau organisasi terlarang.
b. Melakukan kegiatan separatis yang mengancam keadulatan NKRI.
c. Menganut mengembangkan serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

(cr2/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

makassar, berita makassar, berita terkini makassar, pojoksulsel, pojoksulsel.com, pojok sulsel, liga santri nusantara, seleksi lsn, lsn, seleksi liga santri nusantara, robby darwis liga santri nusantara

Neuer Absen Hingga Tahun Depan

POJOKSULSEL.com – Kabar buruk mendatangi Bayern Muenchen, kiper andalan mereka Manuel Neuer harus kembali menepi karena cedera yang kembali datang. …