Prof Ramli Ungkap Kejanggalan Aliran Dana KPK dan ICW

Ilustrasi

Ilustrasi

PAKAR hukum pidana yang juga Direktur Eksekutif  Lembaga Pengkajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP) Prof Romli Atmasasmita membeber aliran dana dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Indonesian Corruption Watch (ICW).

Guru besar ilmu hukum di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu membebar aliran dana untuk ICW saat menjadi narasumber pada rapat dengar pendapat umum (RDPU) Panitia Khusus Angket KPK di DPR, Selasa (11/7/2017).

Menurut Romli, merujuk temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memang ada aliran dana dari KPK ke ICW. Selain itu, laporan keuangan ICW juga membeber hal sama.

Selain itu, Romli juga mengungkap adanya dana asing untuk ICW. Hal itulah yang menurut Romli patut dicurigai.

“Ada 52 dana hibah dari donor asing, penerimaan tidak terikat dalam negeri yang totalnya Rp 96 miliar. Dari situ saya melihat ada masuknya uang asing kepada ICW,” kata Romli.

Menurut Romli, dana itu seharusnya digunakan sesuai peraturan penggunaan hibah atau pengadaan barang dan jasa. “Tidak bisa langsung diberikan kepada ICW,” tegasnya.

Karenanya, kata Romli, Pansus Angket KPKsebaiknya memanggil ICW untuk dimintai klarifikasi. “Tolong ICW dipanggil, ditanya uang sebanyak itu untuk apa,” katanya.

Lebih lanjut Romli mengatakan, mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki juga membenarkan adanya aliran dana ke ICW. Bahkan, kata Romli melanjutkan, Ruki mengaku pernah ditagih pihak donor untuk mempertanggungjawabkan pemberian dana ke ICW.

“Ada MoU (nota kesepahaman, red) KPK dengan donor untuk langsung memberikan ke ICW. Nah, ini tidak benar,” katanya.

Sebab, lanjut Romli, cara ini sudah melabrak undang-undang dan prosedur yang seharusnya dilaksanakan secara baik. Dia pun heran karena ICW sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang mengawasi lembaga pemberantasan korupsi malah menggunakan dana dari lembaga yang mereka awasi.

(boy/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

nasional, berita terkini nasional, harga rokok naik, rokok naik bulan depan, rokok naik 50 ribu, bulan depan harga rokok naik, harga rokok, rokok naik, rokok 50 ribu per bungkus

Harga Rokok Murah, DPR Bilang Begini

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Masih terlalu murahnya harga rokok, menyebabkan perokok pemula di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia terus meningkat. Organisasi …
liga spanyol, berita terkini liga spanyol, barcelona, neymar, transfer neymar, neymar ke psg, neymar barcelona, transfer neymar ke psg

Messi pun Turun Tangan Bujuk Neymar

POJOKSULSEL.com – Spekulasi kepindahan Neymar dari Barcelona terus menggelinding. Pemberitaan di Prancis menyebutkan Neymar sudah mengatakan ‘yes’ untuk bergabung dengan …