Ketua Umum PBNU Sambut Baik Halaqah Nasional Alim Ulama

Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj

Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj memuji KH Hasyim Asy’ary. Alasannya, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) itu, satu-satunya ulama yang menyatakan mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

Pernyataan Hasyim Asy’ary yang kemudian populer disebut hubbul wathon minal iman.

 

“Ya, hanya Mbah Hasyim Asy’ari dan satu-satunya ulama di dunia ini yang menyatakan cinta tanah air adalah bagian dari iman,” tandas KH Said dalam acara halal bi halal PB IKAPMII di rumah dinas Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, di Widya Chandra, Jakarta, Senin (10/7/2017) malam.

Menurut Kang Said-panggilan akrab KH Said Aqil Siradj-pernyataan KH Hasyim Asy’ary itu merupakan pesan perjuangan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kang Said pun meminta warga NU menjaga dan melanjutkan perjuangan KH Hasyim Asy’ary tersebut.

“Ini sungguh luar biasa. Bahkan ada yang bilang kalau hubbul wathon minal iman itu hadist nabi. Saya bilang, itu bukan hadist nabi tapi pernyataan Mbah Hasyim,” tandasnya.

Oleh karena, Kiai Siad mengaku akan mendukung segala kegiatan yang ingin melestarikan pernyataan Mbah Hasyim. Misalnya, rencana Halaqah Nasional ALim Ulama yang digelar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (MDHW).

Ya, MDHW memang berencana menggelar Halaqah Nasional Alim Ulama di Hotel Borobudur, Jakarta 13-14 Juli ini. Halaqah nasional akan dihadiri sekitar 500 alim ulama dari berbagai pimpinan Ponpes seluruh Indonesia, tokoh nasional, serta pimpinan ormas. Dan, halaqah nasional alim ulama itu dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

MDHW merupakan majelis dzikir yang diinisiasi oleh Rais Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. (HC) KH Ma’ruf Amin. Melalui MDHW, Kiai Ma’ruf bermaksud mengajak khalayak untuk menguatkan sendi-sendi kebangsaan lewat kombinasi ajaran Islam yang sarat akan nilai-nilai kehidupan dengan dibalut semangat nasionalisme.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Presidium Nasional MDHW Hery Haryanto Azumy mengatakan, halaqoh nasional digelar sebagai respon atas munculnya gerakan Islam radikal yang semakin mengkhawatirkan.

Halaqoh nasional ini diharapkan menjadi sarana bagi para ulama dan kiai untuk kembali menegaskan bahwa mencintai tanah air bagian dari iman yang pernah digaungkan KH. Hasyim Asy’ari dalam Resolusi Jihad.

“Kami berharap acara ini dapat menjadi sarana bagi para ulama dan kiai untuk kembali menegaskan bahwa mencintai tanah air bagian dari iman,” tambah mantan Ketua Umum PB PMII ini.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …