Bahas Penerimaan Siswa Baru Secara Online, Dewan Kumpul Kasek Se Makassar

Ilustrasi PPDB

Ilustrasi PPDB

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan Kota Makassar di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (11/7/2017).

Pembahasan dalam ini sendiri terkait penambahan kuota siswa Siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur online.

 

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Kadis Pendidikan Makassar Ismunandar ini, sejumlah anggota DPRD Kota Makassar memiliki pandangan berbeda dalam penambahan kuota tersebut. Sekretaris Komisi D, Supratman misalnya. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak akan menerima penambahan kuota, begitupun dengan penukupan kuota, lantaran adanya siswa yang lulus tidak melakukan pendaftaran ulang.

Hal ini, menyusul sejumlah rekomensasi dari dewan yang ditolak oleh pihak sekolah. Kontan, hal itu membuat dewan sebagai mitra pemerintah kota dalam hal ini dinas Pendidikan Makassar, merasa tidak dihargai.

“Tabe pak Kadis, dari pada ini berlarut – larut lebih baik cukup sampai di sini. Kalau saya tidak ada lagi penambahan,” tegas Supra sapaan Legislator Nasdem ini. 

Menurutnya, sekolah yang belum mencukupi kuota lantaran adanya calon siswa baru yang tidak mendaftar ulang harus dibuka kembali. Hanya memang, ditegaskan bahwa proses penerimaanya tidak boleh melabrak aturan.

“Ini kasian kalau masih bisa menerima sementara ada siswa kita yang tidak terakomodir. Harapan saya sama pak Kadis rekomendasi yang sudah terlanjur dibuat (melalui jalur kemitraan) itu yang diprioritaskan,” tegasnya.

Begitu juga dengan yang disampaikan, Amar Busthanul. Dijelaskannya sudah tepat jika tidak ada penambaham kuota. Namun, lanjutnya, jika ada sekolah yang sudah menentukan kuota dan belum mencapai ambang batas, maka tidak salah jika dibuka kembali pendaftaran.

Masih, lanjut Amar, Dinas pendidikan menghargai Dewan sebagai mitra kerja DPRD Kota Makassar dengan diakomodir masuk melalui PPDB jalur kemitraan.

“Ini tidak apa kita buka, untuk sekolah yang belum memenuhi kuota,” kata Ketua Fraksi Gerindra ini.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds