Kasus Korupsi Buloa, Jaksa Tahan Asisten I Pemkot Makassar M Sabri

Asisten I Pemkot Makassar Muh Sabri

Asisten I Pemkot Makassar Muh Sabri

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Penyidik Kejati Sulsel resmi menahan Asisten I Pemkot Makassar M Sabri dan selanjutnya dititip di Lapas Klas 1A Makassar, Senin (10/7/2017).

Sebelum ditahan, Sabri menjalani pemeriksaan selaku tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyewaan tanah negara di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makssar. Sabri akan ditahan untuk 20 hari kedepan.

Sebelumnya, jaksa juga telah menahan dua tersangka lainnya yakni Rusdin dan Jayanti. Keduanya berperan sebagai penerima sewa tanah negara. Dalam perkara ini tersangka dalam kapasitasnya sebagai penerima sewa lahan diduga bertindak seolah-olah sebagai pemilik lahan dengan menerima sewa dari PT PP selaku pelaksana pembangunan New Port Makassar, sehingga menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar sebesar Rp500 juta.

Dalam kasus ini, Kejati Sulsel menetapkan tiga orang tersangka. Mereka adalah Asisten 1 Pemkot Makassar, Muh Sabri (MS) berperan selaku fasilitator. Jayanti Ramli (JR) berperan serta mengaku sebagai pemilik lahan dan Rusdin (RD).

Tindak pidana korupsi ditemukan ketika adanya penutupan akses jalan di atas tanah negara di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar tahun 2015 oleh salah satu tersangka.

Jayanti dan Rusdin mengakui memiliki surat garapan tahun 2003 atas tanah negara yang merupakan akses ke proyek pembangunan Makassar New Port.

Atas dasar itu, tersangka Jayanti dan Rusdin dengan difasilitasi oleh Sabri (asisten 1 kota Makassar) yang bertindak seolah olah atas nama Pemerintah kota meminta pembayaran uang sewa kepada PT.PP selaku pelaksana pekerjaan.

Uang yang diminta sebesar Rp 500 juta selama 1 tahun yang dituangkan dalam perjanjian. Padahal diketahui bahwa surat garap yg dimiliki tahun 2003 tersebut, lokasi masih berupa laut hingga di tahun 2013.

(kin/pojoksulsel)



loading...

Feeds

selebriti, Indadari Mindrayanti, penyakit langka istri caesar, caesar, penyakit istri caesar, penyakit langka Indadari Mindrayanti, Indadari Mindrayanti sakit

Benarkah Istri Caisar Keguguran?

POJOKSULSEL.com – Istri Caisar, Indadari, tengah ramai diperbincangkan warganet. Hal ini lantaran posting-annya di Instagram story yang mengunggah foto duren. …

Paskibraka Pakai Cadar Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com, TASIKMALAYA – Media sosial dihebohkan dengan Paskibra Tasikmalaya memakai cadar saat upacara HUT ke-72 RI. Foto itu memperlihatkan semua …