Jubir KPK Jadi Saksi Kasus Gratifikasi

Ilustrasi

Ilustrasi

JURU Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah dijadwalkan akan menjadi saksi dalam sidang perkara dugaan penerimaan gratifikasi proyek tambang emas Pani di Gorontalo, Sulawesi Utara, Senin (10/7/2017). 

Sidang itu akan dilaksanakan di Pengadiln Tipikor Jakarta dengan terdakwa mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo, Lisna Alamri.

“Saya menjelaskan terkait dengan pelaporan gratifikasi sesuai dengan permintaan informasi dari penyidik Bareskrim sebelumnya pada KPK,” kata Febri saat dikonfirmasi.

Dalam perkara ini, Lisna Alamri selaku Ketua KUD Dharma Tani Marisa sebelumnya tercatat dalam daftar penerma gratifikasi yang ditemukan oleh Direktorat Gratifikasi KPK. Saat itu, Febri menjabat pegawai fungsional di Direktorat tersebut.

Kasus yang kemudian dilimpahkan kepada Bareskrim Polri ini pun saat ini masuk ke dalam tahap sidang.

Febri menyatakan siap memberi keterangan dalam sidang nantinya. Menurut dia, laporan terhadap Lisna itu disampaikan ke KPK saat dia masih menjadi pegawai di Direktorat Gratifikasi. Lalu kemudian berlanjut diminta untuk memberikan jawaban dan keterangan ke penyidik di Bareskrim Polri.

Kasus ini bermula di tahun 2015. Lisna sebagai Ketua KUD Dharma Tani Marisa ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima gratifikasi dari One Asia Resource asal Australia. 

KUD Dharma Tani Marisa ditunjuk sebagai pemegang IUP pengembangan proyek tambang emas Pani Gold. Koperasi itu lantas bekerja sama dengan perusahaan PT One Asia Resources. 

Lisna disebut-sebut telah menunjuk PT One Asia Resources sebagai pengelola tambang emas Pani Gold karena ada unsur suap gratifikasi di balik pemenangannya. Saat ini mantan Anggota DPRD Pemprov Gorontalo itu ditahan terkait kasus narkoba.

(put/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Daeng Ancu: Paket Agus-Aliyah Sudah Fix

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Presiden Batu Putih Trans Sindycate, Syamsul Bahri Sirajuddin, angkat bicara setelah adanya kabar bahwa Aliyah Mustika Ilham …

Ini 3 Penyebab Survei NH-Aziz Unggul

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR -Lembaga riset Poltracking Indonesia merilis tren elektabilitas calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2018. Hasil survei menunjukkan NH-Aziz …