Ibukota Pindah, Idrus Marham: Apa Daerah Lain Otomatis Maju?

Idrus Marham

Idrus Marham

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya Kalimantan Tengah terus bergulir. Namun masih banyak yang belum mendukung.

Halnya Partai Golkar yang kali ini tampak tak sejalan dengan rencana tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, yang perlu diperhatikan pemerintah bukan memindahkan ibu kota, tapi bagaimana membangun sentra-sentra baik ekonomi, budaya, dan lainnya di daerah-daerah. Sebagai syarat dari pada itu, infrastruktur pun harus dibangun.

“Coba kita bangun Jakarta-Jakarta lain bukan memindahkan ibu kota semata-mata. Tapi sentra ekonomi dibangun diikuti infrastruktur,” ujar Idrus Marham saat ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Minggu (9/7/2017).

Dia menerangkan, kepentingan negara saat ini adalah memikirkan cara agar pertumbuhan ekonomi bisa tercapai. Tentu, itu didukung oleh adanya pemerataan dan percepatan pembangunan. Dalam hal ini, sesuai Nawacita Presiden Jokowi yakni, membangun Indonesia dari desa, dari pinggir.

Apabila infrastruktur dibangun, lanjut Idrus, pasti akan diikuti sentra ekonomi dan sentra lainnya. Hal tersebut, alan mendorong percepata, pemerataan dan pembangunan di wilayah itu dan secara positif berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat di sekitarnya.

Karena itu, menjadi pertanyaan baginya, apabila ibu kota dipindahkan lalu dituju pada satu daerah, bagaimana dengan daerah lain.

“Kalau langsung pindah apa daerah lain otomatis maju? Apa ada jaminan Maluku, Papua maju?” tanya Idrus.

Karena itu, Partai Golkar, katanya, setuju agar semua pihak baik pemerintah, DPR, maupun lembaga lainnya, melakukan kajian secara komperehensif dan terintegrasi sebelum berwacana memindahkan ibu kota.

“Lalu kemudian ada kesimpulan ini perlu dipindahkan. Tapi apabila mengatakan cukup di sini ada pengembangan DKI Jakarta, saja kira itu juga bisa,” pungkas Idrus.

(dna/JPG/dri/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

selebriti, Indadari Mindrayanti, penyakit langka istri caesar, caesar, penyakit istri caesar, penyakit langka Indadari Mindrayanti, Indadari Mindrayanti sakit

Benarkah Istri Caisar Keguguran?

POJOKSULSEL.com – Istri Caisar, Indadari, tengah ramai diperbincangkan warganet. Hal ini lantaran posting-annya di Instagram story yang mengunggah foto duren. …

Paskibraka Pakai Cadar Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com, TASIKMALAYA – Media sosial dihebohkan dengan Paskibra Tasikmalaya memakai cadar saat upacara HUT ke-72 RI. Foto itu memperlihatkan semua …