Figur Eksternal di Penjaringan DPD I, Pengamat Ini Sebut Tidak Percaya Diri

Andi Ali Armunanto

Andi Ali Armunanto

POJOKSUSSEL.com, MAKASSAR – Munculnya sejumlah figur eksternal bakal calon walikota Makassar dalam penjaringan yang digelar DPD I Partai Golkar Sulsel, dinilai pengamat politik Unhas Andi Ali Armunanto sebagai bentuk ketidakpercayaan diri dari Partai Golkar.

“Kejadian ini mengindikasikan bahwa  DPD I Golkar sebenarnya tidak cukup confident dengan kadernya sehingga harus memasukkan beberapa nama eksternal. Hal ini bisa saja mengarah pada pilihan calon walikota maupun wakilnya yang bukan kader partai,” kata Ali.

Sekadar diketahui, DPD II Partai Golkar Kota Makassar telah mengirim nama Farouk M Betta dari kalangan internal Partai Golkar untuk dicalonkan sebagai walikota Makassar. Selain nama Farouk, ada juga nama Danny Pomanto sebagai kandidat eksternal.

Namun, setelah sampai di DPD I, daftar eksternal ini bertambah. Tambahannya, yakni Husain Abdullah, Rachmatika Dewi, dan Syamsu Rizal.

Ali menyatakan, kejadian ini disisi lain menunjukkan lemahnya otonomi yang  diberikan kepada DPD II untuk mengusulkan calon. “Disisi lain juga menunjukkan kuatnya dominasi DPD I. Saya  juga beranggapan bahwa strategi pecalonan walikota dan wakil walikota partai Golkar juga akan sangat dipengaruhi oleh konstelasi politik pada Pilgub Sulsel,” kata Ali.

(mal/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Ini 3 Penyebab Survei NH-Aziz Unggul

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR -Lembaga riset Poltracking Indonesia merilis tren elektabilitas calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2018. Hasil survei menunjukkan NH-Aziz …