Ayo ke Bulukumba, Negeri Para Pembuat Perahu Pinisi

Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulsel

Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulsel

BULUKUMBA, atau lebih sering disebut Butta Panrita Lopi adalah adalah sebuah Kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Secara geografis wilayahnya berada pada 5,20 derajat 5,40 derajat lintang selatan dan antara 119,58 derajat 120,28 derajat bujur timur.

Kabupaten Bulukumba memiliki batas wilayah meliputi sebelah selatan dengan Kabupaten Selayar, dan Laut Flores sebelah Utara dan Kabupaten Sinjai sebelah Timur dengan Teluk Bone. Sebelah barat dengan Kabupaten Bantaeng.

Posisi strategis ini menjadikan Bulukumba potensial dalam beberapa sektor, dan dalam era otoda ini Bulukumba banyak ditopang oleh empat sektor andalan, masing-masing pertanian, perikanan, pariwisata, transportasi darat dan laut.

Salah satu yang menjadi ikon Kota Bulukumba yaitu adanya pembuatan Perahu Pinisi dan Pantai Bira yang Sudah terkenal hingga ke mancanegara dan sering disandingkan dengan keindahan Pantai Bali.

Pantai Bira tidak lagi asing bagi sebagian besar orang apalagi yang gemar traveling, karena kawasan wisata yang bertaraf internasional ini memiliki keindahan yang akan membuat pengunjung ingin datang lagi.

Di antaranya, daya pikat pantai ini selain diapit tebing karang yang kokoh, pemandangan bawah laut yang indah dengan berbagai ikan hias dan terumbu karang, serta senja yang menakjubkan, Belum lagi pasir putih yang halus.

Tidak jauh dari pantai ini, juga terdapat pulau yakni Pulau Liukang Lohe dan Pulau Kambing yang masih menjadi bagian dari Desa Bira.

Salah satu pengunjung A Ummu Fausiyyah Syaf mengatakan, Bira ini merupakan salah satu destinasi Wisata yang ada di Bulukumba dengan suguhan pasir putih yang sangat memikat perhatian para pengunjung.

“Nyaman berada di sini dengan ditemani angin sepo-sepoi Sambil meyaksikan sunset, apalagi kalau ditemani seorang kekasih,” tuturnya sambil sedikit tersenyum, Kamis (6/7/2017).

Lebih lanjut, Ummu, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa tempat wisata seperti harus terus mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat agar sedapat mungkin tetap dijaga keindahannya.

“Jangan sampai tempat Wisata seperti ini diabaikan apalagi Bira ini sudah membuming ke mancanegara,” tambahnya.

Selain dengan Pantai Biranya terdapat juga beberapa pantai yang ada di Bulukumba diantaranya; Tebing Apparalang, Pantai Kasuso, Pantai Bara, Pantai Ujung dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya.

Citizen Reporter:
Akbar Irwansyah
* Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar



loading...

Feeds